Abraham Samad Hanya Wajib Lapor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Abraham Samad Hanya Wajib Lapor

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Proses pelimpahan berkas Ketua KPK nonaktif, Abraham Samad dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen kependudukan dari Kejaksaan Tinggi (kejati) Sulselbar ke Kejari Makassar dianggap rampung. Namun Abraham tidak ditahan. Dia hanya dikenakan wajib lapor dua kali sepekan.

Kepala Kejari (Kajari) Makassar, Deddy Suwardy Surachman mengemukakan, tidak melakukan penahanan terhadap Abraham Samad mengingat sejauh ini yang bersangkutan masih kooperatif. “Tapi kami wajib laporkan dua kali dalam sepekan, tiap Senin dan Kamis,” ujar Deddy seusai pemeriksaan terhadap Abraham Samad.

Alasan lainnya, Abraham Samad dinilai tidak akan melarikan diri. Terakhir, seluruh alat bukti sudah disita sehingga Abraham tidak berpotensi lagi menghilangkan alat bukti. ”Kita juga harus objektif dalam menilai sebuah perkara, nanti kita lihat kedepan seperti apa lagi,” katanya.

Deddy menambahkan, akan turun langsung dalam penanganan kasus tersebut. “Saya turun tangan karena ini bukan kasus main-main,” bebernya. Sedianya, Kejari Makassar menyiapkan empat jaksa penuntut umum dalam menangani kasus tersebut. Namun mendadak ada tambahan satu jaksa senior.

Dalam proses pelimpahan ke kejaksaan, penyidik kepolisian mencantumkan pasal baru berupa pasal 263 KUHP dan pasal 94 dan 96 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 yang telah diperbaharui dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan. Sebelumnya, Abraham cuma dijerat pasal 264 KUHP subsider pasal 266 KUHP jo pasal 55 dan 56 KUHP serta pasal 93 Undang-undang Administrasi Kependudukan. (jai)

loading...
Click to comment
To Top