DPKP Gowa Waspadai Penyakit Antraks – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

DPKP Gowa Waspadai Penyakit Antraks

FAJAR.CO.ID,  SUNGGUMINASA — Masyarakat diminta berhati-hati dalam berkurban. Sapi yang dikurbankan harus dipastikan sehat dan bebas antraks. Atas hal itu, Dinas Perikanan, Kelautan, dan Peternakan (DPKP) Gowa, melakukan langkah antisipatif terhadap hewan kurban.

Semua tim petugas peternakan kecamatan (PPK) ditugaskan mengecek kesehatan sapi yang akan dikurbankan. Ini untuk memastikan bahwa sapi kurban ini layak potong dan layak konsumsi. Pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan sejak beberapa pekan lalu hingga menjelang lebaran haji.

Kepala Seksi Veteriner Pemeliharaan Hewan DPKP Gowa, drh Supardi mengatakan, sejauh ini laporan yang masuk dari para PPK menyebutkan pada dasarnya sapi kurban kondisinya sehat dan layak potong. Dia memastikan, semua hewan kurban, harus melalui pemeriksaan kesehatan sebelum dinyatakan layak dikurbankan, baik sapi lokal maupun sapi dari luar semuanyaharus diperiksa.

Ini juga untuk mewaspadai kemungkinan adanya hewan kurban yang terinfeksi penyakit berbahaya seperti antraks. Semua hewan kurban yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat, selanjutnya aman dikonsumsi.

DPKP memprediksi, populasi sapi di Gowa saat ini berada pada angka 100-an ribu ekor. Kebutuhan daging sapi masyarakat Gowa rata-rata 5 gram per kapita per hari atau kira-kira setara dengan 30-an ekor sapi dari 700-an ribu jumlah penduduk. (zuk)

loading...
Click to comment
To Top