Idul Adha, 12 Banser Jateng Meluncur ke Papua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Idul Adha, 12 Banser Jateng Meluncur ke Papua

SEMARANG, RAJA – Sebanyak 12 anggota Bantuan Serba Guna Gerakan Pemuda Ansor Wilayah Jawa Tengah ikut mengamankan pelaksanaan shalat Idul Adha 2015 di Tolikara, Papua, sebagai salah satu upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“12 anggota Banser itu akan berada di Papua selama sepekan untuk mengamankan seluruh proses pelaksanaan shalat Idul Adha,” kata Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah Ikhwanuddin di Semarang, Senin.

Ia menjelaskan bahwa pengiriman 12 anggota Banser asal Jateng ke Papua itu atas permintaan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Jawa Tengah. Menurut dia, anggota Banser tidak hanya ikut serta dalam pengamanan tempat ibadah berbagai agama gereja pada saat perayaan hari keagamaan, tapi juga mengamankan pelaksanaan hari raya umat muslim. “Mudah-mudahan dengan ikut sertanya anggota Banser mengamankan perayaan hari raya seluruh agama, dapat menjaga kerukunan antarumat beragama,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa GP Ansor Jateng juga telah memetakan daerah-daerah di 35 kabupaten/kota se-Jateng yang rawan terjadi konflik antarumat beragama, namun enggan memerinci lebih lanjut. “Daerah yang rawan terjadi konflik itu mendapat perhatian khusus dari kami,” katanya.

Kegiatan pengamanan yang dilakukan anggota Banser, kata dia, sudah menjadi program rutin karena keragaman agama di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan. (in)

loading...
Click to comment
To Top