Ini Kali Ketiga Dubes India ke Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Ini Kali Ketiga Dubes India ke Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Wakil wali kota Makassar Syamsu Rizal MI dan Ketua TAPI PKK Kota Makassar,  Indira Jusuf Ismail menjamu Duta Besar (Dubes) India di Rujab Anging Mammiri, Selasa 22 September.

Hal ini merupakan kunjungan Dubes India, Gurjit Singh yang ke tiga kalinya di Makassar. Singh yang kali ini didampingi istri Neru Singh mengaku senang berada di Makassar dan ingin lebih merekatkan hubungan kerja sama di berbagai bidang.

“Saat ini kami punya tiga program kerja sama dengan Makassar. Khusus untuk pengembangan smart city kami akan mulai dari sini,” ucapnya.

Singh mengatakan telah bertemu Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto bersama Wali Kota Bandung Ridwan “Emil” Kamil di Jakarta membicarakan hal tersebut. Tapi ia mengaku program kerja sama di bidang smart city ini terlebih dahulu akan dilakukannya di Makassar.

Sementara itu, Deng Ical dalam sambutannya menyampaikan trima kasih atas kedatangan Singh bersama istrinya. Ia mengaku bahwa wajah Dubes Singh sangat familiar dikarenakan banyaknya penduduk Makassar yang berasal dari India.

“Kami merasa wajah Pak Dubes sangat familiar bagi kami. Banyak sekali orang India di Makassar dan berinteraksi dengan kami di Pemkot,” ucap pria yang juga ketua PMI  Makassar ini.

Pria yang dikenal dengan sebutan sombere’na Makassar ini juga mengatakan bahwa kehadiran orang India di Makassar cukup memberi arti dan banyak berkontribusi dalam perkembangan pembangunan yang ada.

Ia berharap akulturasi dan asimilasi yang terjalin antara India dan Makassar senantiasa terjaga dan mendorong hubungan yang lebih produktif lagi, tidak sekadar hubungan budaya melainkan juga pada segmen bisnis.

Di akhir kegiatan, Deng Ical dan Indira dihadiahi buku Masala Masakan dan komik tentang cerita-cerita lucu asal India.

Melalui pertemuan ini Singh berharap Makassar dan India bisa menjalin hubungan dan pertemanan secara terus menerus dan berkesinambungan. (lin)
Click to comment
To Top