Pejabat Pemkab Tinjau Kebakaran Hutan Maros – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pejabat Pemkab Tinjau Kebakaran Hutan Maros

FAJAR.CO.ID, MAROS — Pejabat dari Dinas Kehutanan dan BPBD serta TN Babul rencananya meninjau penanganan kebakaran hutan di Maros, siang ini Selasa 22 September. Kebakaran yang mulai terjadi sejak kemarin itu lebih parah dibanding kejadian terakhir. Titik api terpecah di tiga titik, yakni Hutan Pendidikan Unhas, Hutan Pattunuang dan Hutan Karaengta.

Hingga berita ini ditulis, kebakaran masih terpantau di tiga titik itu. Namun, baik BPBD maupun pihak Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN-Babul) masih minim informasi mengenai kejadian tersebut. “Kami belum memiliki data yang pasti karena lokasi kejadian itu sangat sulit untuk dijangkau oleh kendaraan,” kata Penanggung Jawab TN Babul Dedy Asriadi.

Pihaknya bekerja sama dengan BPBD untuk memadamkan api pada tiga titik itu, tetapi masih menggunakan alat sekedarnya, akibat sulitnya akses masuk ke dalam hutan. “‎Masing-masing berjarak belasan kilometer dari jalan besar. Dua diantarannya merupakan kawasan hutan lindung yang masuk dalam tanggung jawab TN-BABUL,” ungkapnya.

Kepala BPBD Maros Suyuti menjelaskan, khusus untuk hutan pendidikan Unhas, diperkirakan luas area yang terbakar seluas 10 hektar. Sementara untuk dua area lainnya, BPBD pun belum mendapatkan data akurat.

Dia menuturkan, untuk memadamkan api, pasukan pemadam kebakaran telah diturunkan di TKP sebanyak delapan orang. Jauhnya lokasi dianggap penyebab lambannya pergerakan dari pasukan pemadam kebakaran. Dia mengaku, pasukan pemadam kebakaran menggunakan cara manual untuk mematikan api. Untuk mencegah penyebaran api kata Suyuti, dilakukan pemotongan area kebakaran dengan daerah yang belum terbakar.

“Kita hanya menggunakan cara manual, karena sulit sekali untuk mengakses lokasi kebakaran dengan armada kebakaran,” jelasnya.

Selain BPBD Maros dan TN Babul, instansi terkait yakni, Dinas Kehutan dan Kodim 1422 Maros juga diterjunkan ke lokasi kebakaran hingga malam tadi. (ris/wik)

Click to comment
To Top