Polisi Selayar Ini Kembangkan Peternakan Lebah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Polisi Selayar Ini Kembangkan Peternakan Lebah

FAJAR.CO.ID, SELAYAR – Polres Kepulauan Selayar terus berupaya mendekatkan diri dengan Masyarakat. Setelah melakukan pelatihan Peternakan Lebah Trigona kepada Personil Polres dan Masyarakat, kali ini program dilanjutkan dengan Pembinaan Upaya pengembangan Peternakan Lebah Trigona.
Dalam hal ini Polres menggandeng pihak Perbankan yakni BRI Cab Selayar untuk menjejaki peluang investasi dakam program tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam Kunjungan bersama Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Said Anna Fauza, SIK dengan Pimpinan Cabang BRI Selayar Syahrial, SE ke Lokasi Peternakan Lebah Trigona Binaan Polres Selayar yang dijalankan oleh warga, pada Senin 21 September di Linkungan Bitombang, Kel. Kolo-Kolo, Kec. Bontoharu Selayar.

Kegiatan tersebut merupakan upaya Polres untuk mengajak kerjasama BRI dalam melakukan survei potensi pengembangan usaha terhadap terobosan Polres yakni Budidaya Lebah Trigona.

“Saat ini kami Ajak BRI untuk Survey Budidaya Lebah Trigona, dengan harapan kedepan, bisa dikembangkan ini usaha untuk bisa lebih besar dan lebih profesional. Bukan hanya di tempat ini ada beberapa lokasi lain, baik yang dijalankan oleh masyarakat maupun oleh Anggota Polres khususnya Bhabinkamtibmas, ” terang Said, Selasa 22 September.

Lebih Lanjut Kapolres menjelaskan bahwa Program ini dijalankan untuk meningkatkan kesejahteraan Anggota Polres dan Masyarakat.

“Ini untuk tambah penghasilan anggota saja. Kalau polisi sejahtera dan masyarakat disibukkan dengan kegiatan positif dan menghasilkan, itu akan brbanding lurus dengan keadaan situasi Kamtibmas,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Madu Trigona adalah jenis lebah baru yang dikembangkan oleh para peneliti dan peternak madu di Indonesia. Lebah ini berukuran kecil jauh berbeda dengan lebah madu biasanya, namun begitu lebah trigona ini dikenal menghasilkan propolis jauh lebih banyak dibandingkan dengan lebah madu jenis lainnya seperti apis dorsata (madu liar/madu hutan) atau madu cerana dan juga melifera.

Madu jenis trigona ini mudah di pelihara, tidak memiliki sengat dan ketika memelihanya tidak membutuhkan biaya mahal. Karena itu saat ini banyak peneliti dan peternak madu memilih madu lebah trigona ini. (taq/aci)

 

To Top