Ternyata Ada 2.000-an Imigran Menyebar di Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ternyata Ada 2.000-an Imigran Menyebar di Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Imigran asal Timur Tengah di Indonesia tersebar di 14 provinsi. Ternyata dari sekitar 14 ribu pengungsi tersebut, ternyata Kota Makassar tercatat paling besar mencapai 2.000-an orang.

“Ada 2.000-an Imigran mereka tersebar di 26 titik penampungan di kota Makassar. Mengapa mereka banyak di sini? Mungkin karena organisasi yang mengurusi mereka International Organization for Migration (IOM) bertempat di kota ini sehingga lebih mudah dikoordinasikan,” kata Kepala Imigrasi Kelas I Makassar, Kementerian Hukum dan

HAM, Tegas Hartawan saat kunjungan di redaksi harian FAJAR, Selasa 22 September.

Para Imigran ini berasal dari Afganistan, Sudan, Suriah, Myanmark dan negar timur tengah lainnya. “Kebanyakan mereka berasal dari Afganistan. Karena negaranya kacau sehingga meminta suaka. Lama menetap macam-macam. Ada yang sudah empat tahun ada pula yang dua tahun lebih,” kata Tegas.

Selaku wakil pemerintah pusat di daerah, Kantor Imigrasi Makassar kata dia, selalu berusaha membangun komunikasi terkait penanganan para pengungsi ini agar tetap tertib dan menjadi tamu kota yang nyama. Salah satunya kata dia, baru-baru ini pihaknya menyurat kepada Kapolrestabes Makassar agar ada personil melakukan pengawasan di penampungan mereka. “Semua itu agar ada pengawasan, jika ada kejadian dan keadaan yang tidak diinginkan seperti beberapa waktu lalu,” ungkap Tegas.

Saat kunjungan di redaksi Tegas didampingi sejumlah staf kantor Imigrasi Makassar diantaranya, KA Halim, Kepala Seksi Status Keimigrasian yang menggantikan pejabat sebelumnya Putra Bahagia yang dimutasi ke Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.

Putra Bahagia selama ini dikenal dekat dengan kalangan wartawan di FAJAR Grup, selain karena banyak membantu dalam urusan dokumen, juga sering membantu komunikasi pihak Imigrasi. (*/aci)

loading...
Click to comment
To Top