Tolak Impor Pangan, Mahasiswa dan Petani Demo di DPRD Kota Salatiga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tolak Impor Pangan, Mahasiswa dan Petani Demo di DPRD Kota Salatiga

SALATIGA – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Aliansi Bersama FPPI, Forum Mahasiswa Satu Aspirasi (Formasi) dan Aliansi Petani Indonesia (API) DPD Provinsi Jawa Tengah, menggelar demo di halaman gedung DPRD Kota Salatiga, Selasa (22/9).

Mereka juga meneriakkan kecaman kepada pemerintah yang dinilainya tidak konsisten dengan kesejahteraan petani serta persoalan pertanahan. Para pengunjukrasa juga mengecam bahwa selama ini pelaksanaan UU Pokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960 sebagai pondasi dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa sampai sekarang belum bisa dilaksanakan dengan baik di Indonesia.
“Sekarang ini, banyak investor asing yang sengaja dibawa ke Indonesia bahkan tidak memberikan penyediaan lahan bagi petani. Selain itu, telah menghilangkan bea cukai impor. Ini telah menjadi pukulan berat bagi para petani. Dari sini, produk pertanian asing akhirnya yang menguasai Indonesia serta parahnya telah merusak pasar domestik,” teriak Muhlisin, koordinator lapangan (Korlap) aksi, dalam orasinya.
Para pendemo juga menuntut agar dilaksanakan reformasi agraria sesuai dengan UUPA tahun 1960. Tolak segala bentuk impor pangan, cabut undang-undang yang tidak pro petani, segera bentuk BUMD dan membuat jaringan perlindungan terhadap segala bentuk produksi pertanian.
“Untuk itu pemerintah wajib melindungi petani agar kedepannya semakin sejahtera. Juga, kami menolak impor pangan yang kini telah angka Rp 110 Triliun setiap tahunnya,” tandas Muhlisin. (hes)

Click to comment
To Top