Waduh.. Oknum TNI Tembak Warga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Waduh.. Oknum TNI Tembak Warga

FAJAR.CO.ID, MEDAN–Penembakan oknum prajurit Denpom 1/5 Medan Kopda Usman (44) yang menewaskan Rendy (23) mendapat kecaman dari berbagai pihak. Salah satunya, anggota Komisi A DPRD Sumut dari fraksi PDI Perjuangan, Sutrisno Pangaribuan.

“Ini merupakan kejahatan kemanusiaan, dapat dikategorikan sebagai pelanggaran HAM. Alasannya, oknum Denpom TNI dipersenjatai untuk melakukan tugas pengawasan terhadap aparat TNI, bukan menjadi pengawas (tempat hiburan, red),” tegasnya.

Karena itu pihaknya menuntut sanksi berat terhadap oknum Denpom TNI tersebut. “Dipecat dari POM TNI dan harus dipenjara seumur hidup,” katanya tegas.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Andika Pandu Puragabaya juga mengaku prihatin. Menurutnya, jika peristiwa itu benar terjadi, maka TNI perlu melakukan investigasi mendalam.

Sehingga dapat dilakukan proses peradilan sebagaimana perundang-undangan yang berlaku. Jangan sampai menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

“Setahu saya kalau oknum POM melakukan pelanggaran, itu hukumannya lebih berat. Makanya kita tunggu hasil laporan (investigasinya, red) seperti apa,” ujarnya kepada Pos Metro Medan (Jawa Pos Group).

Pihaknya berharap, ke depan jajaran TNI dapat lebih profesional menjalankan tugas mengamankan negara. Jangan sampai terlibat dalam kegiatan-kegiatan di luar kewenangan yang diberikan oleh negara.

“Saran saya, tentunya harus dilakukan pengawasan lebih baik, dengan supremasi hukum lebih jelas. Supaya tidak terjadi hal-hal seperti itu,” ujarnya. (gir/ala/mag-1/JPG)

loading...
Click to comment
To Top