‎Penunjukan Dirut PDAM Rawan Digugat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

‎Penunjukan Dirut PDAM Rawan Digugat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Penunjukan Haris Yasin Limpo, adik kandung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menjadi Direktur Utama (Dirut) PDAM Makassar dinilai bermasalah. Keputusan itu akan digugat dengan alasan proses seleksi hanya formalitas semata.

Peneliti Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi, Wiwin Suwandi mengungkapkan, persiapan gugatan sedang dilakukan. Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2007 pasal 42, ayat (1) berbunyi: Pejabat pemerintahan yang berpotensi memiliki konflik kepentingan dilarang menetapkan danatau melakukan keputusan dan atau tindakan.

Kemudian pasal 43 ayat (1) konflik kepentingan sebagaimana dimaksud dalam pasal 42 terjadi bila dalam menetapkan dan/atau melakukan keputusan dan/atau tindakan dilatarbelakangi: a) adanya kpentingan pribadi, b) hbungan dengan kerabat dan keluarga, c) hbungan dengann wakil pihak yang terlibat, d) hbungan dengan pihak yang bkerja dan mendapat gaji dari pihak yg terlibat.

Pada poin e) hubungan dengan pihak yang memberikan rekomendasi terhadap pihak yang terlibat: dan/atau f) hubungan dengan pihak-pihak lain yang dilarang oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 45, ayat (1) Badan dan/atau pejabat pemerintahan sebagaimana dimaksud dalam pasal 42 dan pasal 43 menjamin dan bertanggung jawab terhadap setiap keputusan dan/atau tindakan yang ditetapkan dan/atau dilakukannya. Ayat (2) Keputusan dan/atau tindakan yg ditetapkan dan/atau dilakukan krn adanya konflik kepentingan dapat dibatalkan. “‎Ini soal kepatuhan terhadap undang-undang. ‎Kita akan gugat kalau keluar SK pengangkatannya, karena SK itu objek gugatan PTUN,” ujar Wiwin. (zuk)

loading...
Click to comment
To Top