2017, Demak Bangun Waduk di Jragung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

2017, Demak Bangun Waduk di Jragung

DEMAK, RAJA – Ketersediaan air merupakan faktor penting bagi pertanian. Karena itulah, Pemerintah Kabupaten Demak akan membangun waduk di Desa Jragung. Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Demak Ahmad Nur Hidayat menjelaskan bahwa waduk tersebut nantinya direncanakan akan bisa mengairi lahan pertanian di wilayah Karangtengah, Guntur, Wonosalam, dan sekitarnya.

“Sampai saat ini, Demak bagian selatan memang masih terkendala masalah ketersediaan air. Sebab itulah, diharapkan nantinya bisa tercukupi airnya jika waduk itu sudah terealisasi,” ujarnya di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Demak, Selasa (22/9).

“Terutama Karangawen dan Mranggen itu memang masih susah mendapatkan air karena pertaniannya lebih banyak ke sistem tadah hujan,” imbuhnya.

Meski begitu, Ahmad Nur Hidayat menyampaikan bahwa Kabupaten Demak termasuk wilayah dengan pertaniannya yang mampu menghasilkan swasembada pangan. “Kemarin juga kami mengikuti expo pertanian di Temanggung dengan membawa hasil panen unggulan berupa padi, jagung, dan kedelai.”

Untuk saat ini, jenis tanaman yang masih menjadi komoditi andalan bagi petani di Demak untuk musim kemarau adalah kacang hijau untuk wilayah Demak utara, bawang merah di daerah Mijen, jagung untuk wilayah Mranggen dan Karangawen, serta sedikit ada pula petani yang menanam tembakau.

Dinas Pertanian Kabupaten Demak juga terus berupaya untuk malakukan pendampingan bagi para petani. Salah satunya yakni dengan mengagendakan panen raya bersama pada 29 September mendatang. (sof)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top