Adnan Buyung Meninggal Dunia, KontraS Sulawesi Ikut Berduka – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Adnan Buyung Meninggal Dunia, KontraS Sulawesi Ikut Berduka

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kabar meninggalnya pengacara senior Adnan Buyung Nasution (ABN) dengan cepat tesebar. Ucapan belasungkawa terus mengalir dari para kerabat bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya. Beberapa lembaga hukum turut memberikan ucapan duka melalui media massa maupun jejaring sosial.

Melihat respons masyarakat, kabar meninggalnya ABN tentu saja membawa duka yang amat dalam. Tidak saja dikalangan masyarakat dan aktivis Hak Asasi Manusia di Indonesia, tapi juga di dunia.

Hal itu tidak terlepas dari kiprah almarhum semasa menjalani kehidupannya. Pemikiran-pemikiran ABN selalu dapat diabdikan semata-mata untuk kemajuan Hak Asasi Manusia dan Pembaharuan serta penegakan supremasi hukum di Indonesia.

Jejak pengabdian almarhum semasa hidupnya dibuktikan dengan ikut mendirikan sekaligus menjadi Komnas HAM Asia di Manila tahun 1983 – 1985. Sebagai anggota International Commission of Jurist (ICJ) yang berpusat di Jenewa. Sebagai anggota International Advisory Council of The Netherlands Institute of Human Rights (SIM) di Utrecht.

“Masih banyak lagi segudang tempat pengabdian lainnya. Termasuk juga mendirikan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia yang kehadirannya sangat dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia yang tidak mampu dalam menghadapi tuntutan hukum,” kata Koordinator Badan Pekerja Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan Sulawesi (KontraS Sulawesi), Asman kepada Fajar Online, Rabu (23/9).

Lebih lanjut, dengan jasa-jasa almarhum untuk bangsa ini sangat tidak berlebihan kiranya jika almarhum dapat disejajarkan dengan tokoh-tokoh pemikir dan pembaharu bangsa Indonesia. “Selamat jalan Bang Buyung. Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih memberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Amin,” ucapnya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top