Bos KPK Ini Pernah Dipuji Bang Buyung, Begini Ceritanya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Bos KPK Ini Pernah Dipuji Bang Buyung, Begini Ceritanya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Plt Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji mengenang advokat senior Adnan Buyung Nasution sebagai panutan bagi para praktisi hukum muda. Menurutnya, pria yang akrab disapa Bang Buyung itu tak pernah pelit membagi ilmu ataupun pengalaman kepada juniornya.

“Beliau selalu menghargai praktisi-praktisi muda dan membimbing banyak pengacara muda. Saya sangat menghormati almarhum sebagai tokoh dan pejuang hukum yang patut dihormati dan diteladani kami semua,” kata Indriyanto, melalui pesan singkat, Rabu (23/9).

Karena karakternya itu, lanjut Indriyanto, Adnan disegani oleh semua yang berkecimpung di dunia hukum. Mulai dari akademisi, pengacara, aparat penegak hukum, termasuk komunitas hakim, semua hormat kepada Bang Buyung.

Pakar hukum pidana ini punya pengalaman langsung bekerjasama dengan Adnan beberapa tahun lalu. Mereka jadi narasumber dalam penyusunan konsep uji materi ke Mahkamah Agung terhadap Keputusan Presiden Abdurrahman Wahid soal Kapolri.

Pengalaman itu cukup berkesan bagi Indriyanto. Pasalnya, dia bisa melihat langsung bagaimana Adnan memegang prinsip penegakan hukum dan selalu demokratis dalam perdebatan. Apalagi waktu itu Indriyanto juga mendapat pujian dari sang pendiri LBH itu.

“Saya ingat kata-kata beliau, “Indriyanto, ternyata anda memiliki sikap dan prinsip hukum yang sama dengan ayah anda (mantan Ketua MA dan Menteri Kehakiman Oemar Seno Adji). Pertahankan terus optimisme hukum anda ya”,” ucapnya meniru perkataan Adnan.

Guru besar ilmu hukum Universitas Krisnadwipayana ini turut berbelasungkawa atas meninggalnya Adnan. Dia mendoakan pria yang wafat diusia 81 tahun itu diterima di sisi Yang Maha Kuasa.

“Selamat jalan Bunga Hukum Indonesia, Tuhan menyertai Bang Buyung!” pungkas Indriyanto. (dil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top