Coba Redam Api, Warga Pakai Semprotan Pupuk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Coba Redam Api, Warga Pakai Semprotan Pupuk

FAJAR.CO.ID, MAROS — Kebakaran hutan di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, masih terus terjadi. Hingga berita ini diturunkan sesaat lalu, api masih menyebar di hutan-hutan pinus pada dua desa; Labuaja dan Limapoccoe.

Di kawasan puncak Desa Labuaja, warga semakin khawatir karena api mulai menjalar ke arah permukiman. Meski nyala api relatif tak sebesar hari sebelumnya, kecemasan tetap muncul karena percikannya masih merambat. Embusan angin juga cukup kencang.

Warga Labuaja pun mulai berbondong-bondong ke lokasi. Ada sejumlah cara yang mereka lakukan. Semua manual. Mulai dari mengempas bara api dengan kayu padat, hingga menyiram dengan menggunakan penyemprot pupuk.

“Semoga bisa berguna. Minimal mencegah api semakin menjalar,” ujar Fajar, salah seorang pemuda di desa itu.
Salah seorang tokoh masyarakat, Namuddin, menuturkan, kebakaran di Hutan Pendidikan Unhas maupun di wilayah Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung sudah beberapa kali terjadi. Pada tahun-tahun sebelumnya.

“Tapi nampanna inne sarro kamunne,” katanya dalam bahasa dentong, bahasa lokal di Cenrana. Artinya, “Baru kali ini yang parah.” (imam)

loading...
Click to comment
To Top