Hai Para Kandidat! Ini Tips JK untuk Menangi Pilkada… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Hai Para Kandidat! Ini Tips JK untuk Menangi Pilkada…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Waktu yang tersisa untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015 tinggal sekitar 2,5 bulan lagi. Para calon kepala daerah pun terus berupaya menjaring pemilih demi memenangi coblosan pada 9 Desember nanti.

Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla punya saran khusus untuk para calon kepala daerah untuk bisa memang. Berpidato pada penutupan rapat kerja nasional (rakernas) Partai NasDem di Jakarta, Selasa (22/9), dia menuturkan, sejatinya yang dijual dalam pemilu maupun pilkada adalah janji dan harapan.

“Apa yang dijual dalam pemilu? Harapan dan janji-janji, karena ingin mencapai cita-cita,” ujarnya dalam rakernas untuk pemenangan pilkada yang dihadiri para calon kepala daerah dari NasDem itu.

Mantan ketua umum Partai Golkar itu menuturkan, calon yang terpilih dan mampu memenuhi janji-janji serta harapan berarti menjadi seseorang dengan perilaku dan jejak langkah terpuji. “Yang celahnya paling sedikit dan memiliki kemampuan pada masa yang akan datang,” ucapnya.

JK -sapaan akrab Jusuf Kalla- memaparkan, seseorang yang memiliki perilaku dan jejak langkah terpujilah yang bakal memenangkan dirinya dalam pemilihan. “Jadi, janji-janji dan harapan itu untuk memberi keyakinan kepada pemilih bahwa Anda dapat memberikan hal tersebut,” terangnya.

Selain itu, dia mengingatkan bahwa pemilih dalam pilkada itu sejatinya memilih calon pemimpin masa depan bukan karena partainya. Hal itu berbeda dengan pemilu legislatif untuk memilih DPR maupun DPRD.

“Berbeda dengan pemilihan legislatif yang berpayung pada partai. Orang bisa saja memilih karena pemimpinnya. Contoh, memilih karena Bung Surya Paloh makanya pilih Nasdem,” jelas JK.

Menurut dia, partai hanya akan membantu sampai calon itu menang. “Tapi, harapan dan masa depan dari orang yang memimpin itu yang akan memenangkan persaingan pilkada itu,” tandasnya. (rka/JPG)

To Top