Keterpilihan Haris Yasin Limpo Hasil Kompromi Politik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Keterpilihan Haris Yasin Limpo Hasil Kompromi Politik

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Keterpilihan Haris Yasin Limpo menjadi Dirut PDAM Makassar disoroti Anti Corruption Committee (ACCD) sebagai salah satu bentuk kompromi politik. Menurut ACC Sulawesi, saat ini Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto berusaha menemukan harmoni politik dengan menempatkan kader Partai Golkar itu sebagai Dirut PDAM. ‎”Kompromi politik dikemas dengan topeng penjaringan,” sesal aktivis ACC Sulawesi, Wiwin Suwandi, Rabu 23 September.

Indikasi kompromi politik itu bisa dilihat dengan tidak patuhnya wali kota bersama tim seleksi (timsel) direksi PDAM yang mengabaikan ‎pasal 4 peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2007. Syarat teknis calon direksi yang harus memiliki sertifikasi air, wajib dimiliki. Namun persyaratan kemudian diperlonggar.

“Timsel mengakali itu. Sertifikasi air bisa dimiliki setelah lulus. Haris Yasin Limpo tidak punya sertifikasi air saat mendaftar dan tidak lulus ujian sertifikasi air saat proses pendaftaran sebagai calon dirut PDAM,” kata mantan asisten Ketua KPK nonaktif, Abraham Samad itu.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto juga meyakinkan proses seleksi calon direksi dilakukan secara transparan. Seleksi dilakukan profesional, makanya timsel dibentuk untuk melakukan penjaringan. Mereka yang terbaik yang selanjutnya terpilih. (zuk)

loading...
Click to comment
To Top