Kombinasi Teknologi Canggih Hasilkan Jubah Tembus Pandang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kombinasi Teknologi Canggih Hasilkan Jubah Tembus Pandang

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Seorang ilmuwan Amerika Serikat berhasil menciptakan jubah tembus pandang. Dengan mengkombinasikan berbagai teknologi canggih sehingga menciptakan hasil yang menyerupai magic.

Dibuat dari bahan serat kain tipis berwarna emas atau yang dikenal sebagai nanoantennas, para tim peneliti Laboratorium Nasional Berkeley Departemen Energi AS dan Universitas California, Berkeley, membuat jubah ini agar dapat menutupi benda yang berukuran sedang serta beberapa bagian kecil dari tubuh manusia. Para tim peneliti mengungkapkan bahwa permukaan dari jubah tersebut dapat memanipulasi gelombang cahaya yang memantul padanya yang membuat benda didalamnya tidak terlihat saat diaktifkan.

Namun jubah ini juga memiliki sejumlah kekurangan, yakni pola serat nanoantennas yang belum dapat mengikuti struktur dari benda yang ditutupi olehnya, sehingga benda yang dibungkus oleh jubah tersebut tidak dapat digerakan. Selain itu, benda yang dibungkus juga tidak bisa terlalu besar, sebab bayangan yang dihasilkan oleh benda tersebut hingga saat ini belum dapat disirnakan meski telah menggunakan teknik ini. (hik)

loading...
Click to comment
To Top