Cuaca Cerah, Wukuf Lancar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Cuaca Cerah, Wukuf Lancar

FAJAR.CO.ID, MEKAH — Puncak ibadah haji di Arafah, Rabu 23 September, berjalan lancar. Angin kencang yang sempat merobohkan tenda-tenda jemaah di Arafah, tidak terjadi saat jemaah wukuf.

Ratusan ribu jemaah wukuf di masing-masing maktab atau juga di masjid. Dimulai pukul 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan lantunan talbiyah selama satu jam. Sejak pagi, jemaah sudah bersiap wukuf dengan tekun mengaji, zikir, ataupun iktikaf.

Sebelum puncak wukuf, amirulhaj yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mengunjungi maktab 13 dan 14. Meski suhu di Arafah saat wukuf mencapai 40 derajat, jemaah mengaku tidak terlalu panas. “Ada pendingin, Pak,” ujar salah seorang jemaah.

Jemaah juga merasa senang dengan pelayanan tahun ini. “Kamar mandinya tidak antre,” jawab jemaah ketika ditanya menteri.

Keluhan justru muncul saat amirulhaj mengunjungi tenda haji plus. Banyak keluhan karena pendingin ruangan (AC) banyak mati dan kamar mandi tidak memadai.

Khotbah wukuf dilakukan di tenda misi haji Indonesia disampaikan oleh KH Masdar Maududi dari PBNU. Lalu dilanjutkan doa wukuf kemudian jemaah berdoa masing masing hingga menjelang Magrib. Perjalanan ke Muzdalifah untuk bermalam dan persiapan mencari batu untuk melempar jumrah setelah Magrib. (eds/ars-rif)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 24 September 2015

To Top