Accera Kalompoang Harus Jadi Ritual Menarik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Accera Kalompoang Harus Jadi Ritual Menarik

FAJAR.CO.ID, GOWA—Accera Kalompoang adalah acara yang dilakukan setelah ibadah Salat Idul Adha tiap tahunnya. Biasanya sehari sebelum ritual, orang dari museum Balla Lompoa dan para pembantu akan menyiapkan segala keperluan prosesi ini. Museum dengan desain arsitektur mirip istana kerajaan Gowa tersebut menjadi lokasi utama dalam melakukan tradisi memandikan benda pusaka yang sudah disimpan di dalam museum tersebut.

Acara ini dihadiri langsung Andi Maddusila Andi Idjo, raja gowa ke 37 dan Wahyu Permana Kaharuddin sekaligus calon bupati dan wakil bupati Gowa dengan No urut 1, berserta seluruh keluarga besar Salokoa. Penjabat bupati Gowa Siddik Salam.

Andi Khaerul Andi Tau selaku ketua, Andi Baso Mahmud selaku sekretaris, Gerakan Muda Salokoa, ketua tim Balira H Andi Yulianti Mali, dan Beserta staf Pemkab Gowa. Terlihat pula legislator Makassar, Endre Cecep lantara.

Andi Maddusila juga menyampaikan jika dia terpilih nanti akan meningkatkan nilai nilai kebudayaan pada masyarakat, karena gowa identik dengan kebudayaan maka budaya adalah hal utama yang harus kita jaga bersama. Maddusila juga akan mensupport pemuda atau masyarakat setiap kegiatan kegiatan seni dan budaya seperti dalam 10 program unggulannya.

Maddusila juga menambahkan bahwa dengan kegiatan Accera Kalompoang ini, maka keluarga salokoa bisa bersatu kembali. “Kami ucapkan terima kasih banyak atas seluruh dukungan keluarga Salokoa yang siap memenangkan pasangan Andi Maddusila dan calon wakil Wahyu Permana,” jelas Maddusila.

Di sela sela acara tersebut perwakilan dari gerakan muda salokoa Andi Adnan juga berharap pemuda Gowa ikut menjaga dan melestarikan budaya Gowa. “Mari ki sama sama kembalikan lagi titipan risalah para leluhur ta, yaitu Budaya,  siapa lagi yang akan menjaga budaya ta kalau bukan kita semua, penerus masa depan Kab Gowa,” kata Andi Adnan.

Masyarakat yang tidak sempat menyaksikan langsung ritual accera kalompoang, menyaksikan melalui video Live yang dipasangan panitia pelaksana di sejumlah titik di kolongrumah adat Balla Lompoa. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top