Arab Saudi Dituding Tak Profesional Urus Jemaah Haji – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Arab Saudi Dituding Tak Profesional Urus Jemaah Haji

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Jumlah korban jiwa akibat desak-desakan jemaah haji di Mina terus bertambah. Berdasarkan hitungan terakhir sudah 453 haji yang wafat saat berkonvoi menuju lokasi lempar jumroh.

Catatan itu berdasarkan informasi yang dihimpun dari Otoritas Pertahanan Sipil Saudi Arabia. Sedangkan untuk jumlah korban luka mencapai 719 orang.

Berdasarkan catatan terakhir, 45 jemaah haji asal Iran dipastikan jadi korban jiwa dalam tragedi di Mina hari ini. Menurut amirul haj Iran, Said Ohadi, dua bagian di dekat lokasi jumroh telah ditutup untuk alasan yang tak diketahui. “Ini yang menyebabkan insiden tragis,” katanya.

Menurutnya, penutupan itu hanya menyisakan tiga rute ke area jumroh. “Ini adalah insiden yang menunjukkan salah pengelolaan dan kurangnya perhatian pada keselamatan jemaah,” tuturnya.

Deputi Menteri Luar Negeri Iran,  Hossein Amir Abdollahian juga ikut meradang. Maklum, bukan kali ini saja jemaah haji asal Iran jadi korban di Arab Saudi.

“Kami tak bisa membiarkan perilaku Arab Saudi yang tak bertanggung jawab. Ini akan diselesaikan melalui jalur diplomatik,” katanya.

Besarnya korban menjadikan peristiwa itu menjadi yang terburuk sejak tragedi serupa pada 1990 yang menewaskan 1426 orang. Kala itu, rombongan jemaah berdesak-desakan memasuki terowongan Mina.

Kini lebih dari 220 ambulans dikerahkan untuk mengevakuasi korban. Tak kurang 4000 penolong juga dikerahkan ke lokasi tempat ratusan jemaah meninggal guna membantu korban luka. (jpnn/aci)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top