Direncanakan Berkunjung ke Busel, Ini Agenda Mendagri… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Direncanakan Berkunjung ke Busel, Ini Agenda Mendagri…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo direncanakan akan datang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buton Selatan (Busel) pada Oktober mendatang. Kehadiran Tjahjo Kumolo di Busel akan melakukan tiga agenda.

Hal itu diungkapkan Pejabat Bupati Busel, La Ode Mustari usai bertemu dengan Tjahjo Kumolo di kantor Kemendagri Senin (21/9).

“Pertemuan kami sehubungan dengan kedatangan beliau di Busel. Dan beliau sangat respon untuk dapat hadir nantinya,” kata Mustari saat ditemui di Jakarta.

Tiga agenda yang akan diikuti oleh Tjahjo Kumolo selama berada di Busel adalah, melakukan peresmian pembangunan pembangkit listrik tenaga arus di Kecamatan Siompu, melakukan rapat pemerintahan terkait dengan masalah Pilkada, dana desa serta pelantikan Tjahjo sebagai parabela.

“Jika tidak ada halangan, direncanakan beliau akan hadir pada 7 Oktober mendatang,”  sambungnya.

Mustari menjelaskan, untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga arus anggaran yang digunakan bukan melalui APBD maupun anggaran APBN. Tetapi, murni dana dari investor yang bersedia membantu. Dengan tahap awal pembangunan sebesar 10 Mega Watt (MW) yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 50 miliar dari total 40 MW dengan anggaran Rp 200 miliar.

“Setiap ke Jakarta saya selalu bercerita dengan para investor mengenai kebutuhan pembangunan di Busel. Bagai gayung bersambut, investor bersedia untuk membantu dalam pembangunan pembangkit listrik ini. Nah, target kita 6 bulan kedepan setelah peresmian, pembangkit listrik ini sudah bisa dinikmati bukan hanya di Busel, tetapi Buteng, Buton hingga Muna,” jelasnya.

Lebih lanjut, soal rapat pemerintahan nantinya yang memfokuskan pada pelaksanaan pilkada dan dana desa. Saat ini, dana desa yang sudah dicairkan baru 35 desa dari total 60 desa dengan total Rp 17 miliar.

“Nah, dana desa ini juga penting. Kami akan membahas agar bagaimana dana desa ini bisa terserap dan peruntukkannya bisa tepat sasaran untuk pembangunan infrastruktur desa,” tandasnya. (hrm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top