Hadapi Begal, Pemkot-Polisi Tak Berdaya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Hadapi Begal, Pemkot-Polisi Tak Berdaya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rentetan kasus begal di Makassar tak pernah usai. Kejadian terbaru adalah kasus yang dialami wartawati FAJAR, Dian Muhtadiah Hamna, Kamis sore, 24 September. Sekitar pukul 14.30 Wita, ia jadi korban begal di Jalan Antang Raya.

Dua pekan lalu, Didit Haryadi, jurnalis Koran Tempo Makassar, juga tak luput dari kekerasan begal. Saat berkendara malam hari di Jalan Sungai Saddang Lama, tiba-tiba remaja pengendara‎ memepetnya. Pelaku yang berboncengan mengeluarkan senjata tajam jenis samurai. Pelaku lainnya menggunakan panah katapel.

Merasa terancam, rekan didik mengeluarkan pistol jenis softgun. Bukannya takut, begal malah menantang. Didit putar haluan. Kabur dengan sepeda motornya. Begal memburu. Kejar-kejaran terjadi di jalanan. Naas, Didik yang mengendarai sepeda motornya dalam ketakutan dan dengan kecepatan tinggi, tak bisa mengontrol kendaraannya. Ia menabrak warung di pinggir jalan.

“Begalnya terus memburu sambil terus memanah, tapi beruntung saya tidak kena. Meleset ki,” urai Didit. Beruntung, di warung masih banyak orang. Sesaat kemudian warga bergerombol. Begal menghentikan perburuan. Putar haluan, lalu kabur. Oleh warga, Didit lalu dibawa ke RS Bhayangkara. Ia mengalami luka-luka di sekujur tubuhnya.

Pekan lalu, ‎Anik Iriani, juga jadi korban. Ibu rumah tangga ini, merupakan warga Pangkep yang sedang ke Makassar bersama suaminya menggunakan mobil. Saat melintas di Jalan Urip Sumoharjo, dari samping kiri mobil yang dipakainya, tiba-tiba datang rombongan sepeda motor. Melihat tas di pangkuan Anik, seketika mereka merampas lalu kabur.

Suaminya sempat ingin mengejar. Sayang, jalanan yang ramai, membuatnya kesulitan mengejar pelaku. Dompet, dokumen, dan barang penting lainnya hilang. Rentetan kasus begal ini pun menuai kecaman publik. Di mana aparat kepolisian? Ke mana pemerintah? Tak mampu lagikah mereka melindungi warganya? Ironis, kejadiannya terus berlangsung, tak pernah dituntaskan. Korban berjatuhan. (zuk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top