Innalillahi… 220 Jemaah Haji Wafat Akibat Desak-Desakan Jelang Lempar Jumrah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Innalillahi… 220 Jemaah Haji Wafat Akibat Desak-Desakan Jelang Lempar Jumrah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Musim haji tahun ini sepertinya lengket dengan tragedi. Belum reda kabar tentang runtuhnya tower crane di Masjidilharam yang menewaskan lebih dari 100 jemaah, kini sudah muncul tragedi lagi.
Setidaknya 220 jemaah haji wafat dan 450 lainnya luka-luka dalam perjalanan menuju lokasi ritual lempar jumrah di Mina, beberapa mil di luar Mekkah. Usai wukuf di Arafah semalam, lebih dari dua juta muslim berbondong-bondong menuju Mina.

Menurut Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi, desak-desakan terjadi di Jalan 204, beberapa mil di luar Mekkah. Ritual itu menjadi rawan karena jutaan muslim bergerak bersama ke satu lokasi.

Jalan 204 merupakan satu dari dua jalur utama yang melewati perkemahan di Mina menuju Jamarat, lokasi para jemaah haji melempar iblis yang disimbolkan dengan tiga pilar. Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan jemaah haji terbaring di atas tandu sementara petugas layanan darurat mengangkat mereka ke dalam ambulans.

Otoritas Arab Saudi pun berupaya mencegah gelombang besar dari Arafah dengan mencarikan jalur alternatif. “Pekerjaan yang sedang dilakukan adalah memisahkan rombongan besar jemaah dan mengarahkan mereka menuju rute alternatif,” tulis Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi di Twitter.

Ini bukanlah tragedi pertama di Mina. Pada Januari 2006, 365 jemaah juga tewas saat memasuki sebuah jembatan yang mengarah ke lokasi lempar jumroh di Mina. Sedangkan pada 2004, tragedi serupa menewaskan 251 jemaah.

Tapi ada catatan yang lebih buruk ketika pada 1990 ada 1500 jemaah haji tewas di sebuah terowongan  Mina. Sedangkan pada 1997, kebakaran menyebabkan 343 jemaah tewas dan melukai 1500 lainnya.(telegraph/ara/JPG)

loading...
Click to comment
To Top