Petugas Temukan Ada Cacing Hati di Hewan Kurban – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Petugas Temukan Ada Cacing Hati di Hewan Kurban

TEMANGGUNG – Tim monitoring hewan kurban dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (24/9) melakukan sidak ke sejumlah tempat pemotongan hewan kurban. Hasilnya, petugas menemukan hewan kurban yang menderita cacing hati. Karena berbahaya dan tak layak konsumsi, petugas meminta kepada panitia kurban untuk membakar hati sapi tersebut.

Ditemui di sela-sela pemantauan penyembelihan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Kowangan, Kota Temanggung, Kepala Disnakan Temanggung, Slamet Sariyono, mengatakan dari 22 sapi yang dipotong di tempat ini, petugas menemukan ada tiga hati sapi yang terserang cacing hati.
“Ada tiga sapi yang terserang cacing hati, kita sudah minta kepada panitia untuk tidak membagikan hati sapi tersebut,” katanya.
Slamet Sariyono mengukapkan, terkait temuan tersebut pihaknya akan mengadakan evaluasi, apakah sapi yang terserang penyakit berasal dari Kabupaten Temanggung atau bukan. Bila berasal dari dalam Kabupaten Temanggung, maka pihaknya akan melakukan gerakan pengobatan cacing secara serentak.
Sebelum pelaksanaan Idul Adha, pihaknya rutin melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual di lima pasar hewan yang ada di Temanggung. Pemeriksaan selama sebulan sebelum pelaksanaan Idul Adha, lanjut kadisnakan.
”Pada pelaksanaan Idul Adha kita terjunkan 40 personel, terdiri dari 25 orang PNS dan 15 orang non PNS, tim pemantau tersebut akan melakukan pemantauan di tempat tempat penyembelihan di 20 kecamatan yang ada,” pungkasnya.
Ditempat yang sama, ketua panitia penyembelihan hewan korban lingkungan Kowangan, Kasirudin, mengukapkan seperti tahun-tahun sebelumnya bila ditemukan cacing hati, pihak panitia akan melakukan pembakaran terhadap hati sapi tersebut.
“Tidak akan kita bagikan kepada warga, hati sapi yang mengandung cacing tersebut akan kita bakar,” tegasnya.
Untuk tahun ini panitia penyembelihan hewan kurban kowangan menerima 22 ekor sapi dan 10 ekor kambing kurban dari warga di sekitar lingkungan Kowangan untuk disembelih. (din)

loading...
Click to comment
To Top