Prajurit Patangpuluhan Ramaikan Grebeg Besar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Prajurit Patangpuluhan Ramaikan Grebeg Besar

DEMAK – Grebeg Besar 1436 H di Kabupaten Demak tampak ramai dengan adanya iring-iringan Prajurit Patangpuluhan pada Kamis (24/9). Prajurit yang berjumlah empat puluh orang itu mengiringi Bupati Demak dari kadipaten hingga ke Kadilangu untuk melakukan ‘penjamasan’.

Ahmad Widodo selaku Kasubbag TU UPTD Museum Dinas Pariwisata Kabupaten Demak menjelaskan bahwa tradisi penjamasan atau penyucian pusaka itu sempat terhenti di tahun 1975-1976. Namun, atas kesepakatan petinggi kadipaten, tradisi ini diadakan lagi dengan tujuan untuk menghidupkan kembali budaya yang hampir sirna.
“Pemberangkatan prajurit ini dimulai setelah solat Id. Para prajurit diserahkan oleh sesepuh kadipaten untuk selanjutnya mengemban tugas melakukan penjamasan,” terang dia beberapa waktu lalu di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Demak.
Dalam iring-iringan Prajurit Patangpuluhan kemarin, tampak pula kereta kuda yang membawa Bupati Demak, Wakil Bupati, Sekda, Ketua Pengadilan, Kapolres, Dandim 0716, beserta jajaran petinggi pemerintahan Kabupaten Demak.
Antusiasme masyarakat tampak besar dengan adanya iring-iringan Prajurit Patangpuluhan ini. Rofik, warga Karangawen, Demak bahkan sengaja datang dengan orangtuanya untuk melihat perayaan Idul Adha khas Demak tersebut. “Sebetulnya mau ke sini dari tadi malam. Tapi, ibu saya bilang pagi saja. Kan rumahnya jauh,” tuturnya.
“Ini baru pertama kali lihat. Ya, sekali-kali ke sini lah biar tahu,” imbuhnya.
Keramaian iring-iringan Prajurit Patangpuluhan ini juga dilengkapi dengan atraksi dari kuda lumping. Para pemain kuda lumping tampak atraktif menghibur kerumunan masyarakat yang berjubel memenuhi sepanjang jalan dari Kadipaten hingga Kadilangu. (sof)

loading...
Click to comment
To Top