Ribuan Jamaah Ikuti Pengajian ‘Tumpeng Sanga’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ribuan Jamaah Ikuti Pengajian ‘Tumpeng Sanga’

DEMAK – Ribuan jamaah dari berbagai wilayah mengikuti pengajian akbar menyambut Hari Raya Idul Adha 1436 H di serambi Masjid Agung Demak, Rabu (23/9/2015) malam. Pengajian yang masuk dalam rangkaian agenda tahunan Grebeg Besar itu turut menghadirkan ‘tumpeng sanga’, sebagai perlambang dari penghormatan untuk walisanga (wali sembilan,red) yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Kasubbag TU UPTD Museum Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Ahmad Widodo menjelaskan, tradisi iring-iringan tumpeng sanga itu sudah turun-temurun dilakukan. “Tumpeng sanga itu diiring dari pendhopo kabupaten ke Masjid Agung Demak.” Dia menambahkan, dalam waktu yang bersamaan juga dilakukan tradisi ‘ancaan’ di Kadilangu. “Kalo itu tidak ada pengajiannya,” jelasnya.
Sementara itu, H M Taufik MSi dari Kementrian Agama Kabupaten Demak mengatakan bahwa Kabupaten Demak berperan amat penting dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Sebab itulah, pihaknya terus berikhtiar untuk menyiarkan agama Islam pada dunia. “Alhamdulillah, lima bulan ini kita sudah melakukan uji coba siaran acara Masjid Agung Demak live streaming yang bisa dilihat langsung secara internasional,” tuturnya.
Dalam sambutannya, Bupati Demak Dachirin Said mengimbau agar masyarakat Demak tetap menjunjung nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. “Kita harus menanamkan nilai agamis agar tercipta kedekatan dengan Allah demi membangun Demak.”
Pengajian akbar tersebut ditutup dengan tausiah dari KH Umar Munthohar dan dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati Demak. Selanjutnya, tumpeng tersebut diperebutkan oleh masyarakat sekitar, dengan harapan mendapat berkah. (sof)

loading...
Click to comment
To Top