4.000 Orang Bakal Guyub di Peringatan BPRB – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

4.000 Orang Bakal Guyub di Peringatan BPRB

SOLO, RAJA – Berkat keberhasilan Jawa Tengah menyabet tiga kali berturut-turut ajang penanganan bencana tingkat Propinsi, akhirnya Jawa Tengah ditunjuk menjadi tuan rumah Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (BPRB) yang akan berlangsung di Kota Solo, 11-18 Oktober mendatang. Dimana dalam kegiatan ini nantinya, rencana akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Pengurangan Resiko Bencana BNPB, Lilik Kurniawan menerangkan, bahwa sebelumnya ajang ini dilaksanakan di Mataram dan Bengkulu. Penunjukan Kota Solo sebagai tuan rumah atas instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Salah satu kegiatan utama, yakni akan ada 2.000 orang yang akan terlibat langsung untuk membersihkan kawasan Sungai Bengawan Solo. Kenapa dilakukan pembersihan, karena kawasan tersebut selama ini menjadi penyebab utama terjadinya banjir yang ada di Solo. “Selain di hadiri Presiden, akan ada Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia yang akan hadir. Selain itu, juga akan banyak Menteri dan duta besar negara sahabat, ikut ambil bagian pula. Kemungkinan peringatan ini akan dihadiri oleh 4.000 orang,” jelas Lilik usai melakukan Rapat Kordinasi (Rakor) Penajaman  Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana, di kantor Barkorwil II Jawa Tengah, Solo, kemarin.

Menurut pengakuannya, berbagai kegiatan lain juga akan menyemarakan, seperti pertunjukan wayang kulit dengan Dalang Warseno Slenk dan juga pameran pengurangan risiko bencana, hingga pelatihan penanggulangan bencana.

Terpisah Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana menyambut gembira di tunjuknya Jateng sebagai tuan rumah. Dengan hal ini, diharapkan masyarakat Jateng khususnya bisa berpartisipasi untuk belajar dan mengenal cara pengurangan risiko ketika terjadi bencana. (mj)

loading...
Click to comment
To Top