Ayatollah Ali Khamenei: Ibadah Haji Tahun ini Tak Dikelola dengan Baik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Ayatollah Ali Khamenei: Ibadah Haji Tahun ini Tak Dikelola dengan Baik

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran mengungkapkan kekecewaannya pada pemerintah Arab Saudi. Khamenei mengatakan bahwa ibadah haji tahun ini dikelola dengan tidak baik oleh pemerintah Arab Saudi.

“Pemerintah Arab Saudi harus menerima tanggung jawab besar untuk bencana ini,” ujar Khamenei seperti dilansir dari AFP, Jumat (25/9/2015).

Khamenei menambahkan bahwa Arab Saudi harus menanggung kewajiban untuk memberikan santunan bagi jamaah yang sedang melakukan ritual suci. Dia juga mengkritik kerajaan yang telah gagal dalam menangani prosesi lempar jumroh.

Penyebab kecelakaan menurut Khamenei juga tidak boleh diabaikan oleh pemerintah Arab Saudi. Nama-nama korban tewas akan diumumkan oleh situs kantor berita IRNA.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian telah menyalahkan insiden maut ini pada kesalahan prosedur keselamatan dan ‘kecanggungan’ dalam menangani para jemaah. Selain itu, Iran akan memanggil pejabat tinggi Arab Saudi yang ada di Tehran untuk berbicara soal kejadian tragis ini.

Tercatat 717 jemaah haji tewas dalam tragedi di Mina, Arab Saudi. Otoritas Saudi menyatakan tragedi ini adalah yang terburuk dalam penyelenggaraan ibadah haji selama 2,5 dasawarsa.

Sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (25/9/2015), setidaknya 863 luka-luka akibat kejadian berdesak-desakan ini. Peristiwa ini terjadi saat dua kelompok besar berdesekan di persimpangan jalan saat hendak lempar jumrah.

Tragedi ini merupakan yang terburuk sejak Juli 1990. Saat itu 1.426 jemaah haji kehabisan nafas di terowongan dekat Makkah. Kedua kecelakaan itu terjadi di hari Idul Adha, salah satu hari raya umat Islam.(yds/dnu)

loading...
Click to comment
To Top