Ini Cara Atasi Konflik Sosial – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ini Cara Atasi Konflik Sosial

PURBALINGGA, RAJA – Pentas kearifan lokal atau  budaya sangat penting, teruatama dalam membantu menangani permasalahan kesejahteraan sosial. Sedangkan penanganan masalah kesejahteraan sosial, antara lain berkaitan dengan bencana yang diakibatkan oleh manusia.

“Masih teringat dalam pemikiran kita beberapa kejadian konflik di beberapa daerah dengan faktor sangat sepele. Akan tetapi dampak tersebut bukan hanya harta benda, korban jiwa serta yang lebih mengancam lagi sebagian masyarakat menjadi saling curiga, rasa dendam, ketakutan dan sebagainya,”tutur Kasi Kerjasama Direktorat PSKBS Kementrian Sosial RI Ulfa pada acara Pentas Kesenian Uyon-uyon di Pendapa Dipokusumo, kemarin.

Menurut Ulfa, gejala konflik sosial dapat diminimalisir melalui deteksi dini serta menumbuh kembangkan nilai dasar yang telah membudaya dan penguatan kearifan lokal. “Perlu disadari, bahwa pada intinya gejala-gejala dari konflik sosial dapat diminimalisir . Dengan kata lain hal tersebut dapat dilakukan deteksi dini atau early warning system melalui upaya menumbuhkembangkan nilai-nilai dasar yang telah membudaya diantara masyarakat kita, yaitu pengutan keraifan lokal,”jelasnya.

Kementrian Sosial, tambah Ulfa, merupakan salah satu instansi yang diberi mandat untuk membangun nilai-nilai kohesivitas yang dimplementasikan dalam program dan kegiatan. “Kegiatan tersebut antara lain, keserasian sosial dan penguatan kearifan lokal. Akan tetapi, program itu tidak akan berhasil sesuai dengan harapan tanpa adanya dukungan serta peran aktif seluruh elemen di masyarakat. Sedangkan salah satu modal utama dalam membangun keserasian sosial adalah melalui penguatan kearifan lokal, budaya lokal serta kegotong-royongan,”ujarnya.

Setelah disyahkannya UU Penanganan Sosial, tandas Ulfa, akan semakin  jelas langkah penanganan masalah konflik social. Selain itu, Kemensos akan tetap mengoptimalkan peran masyarakat dalam upaya pencegahan konflik social melalui program  keserasian sosial dan kearifan lokal juga akan dikembangkan serta diperluas jangkaunya. “Sebagai  wujud atau implementasi keseriusan Kemensos dalam menangani masalah kesejahteraan social, kami memberikan Bantuan Kearifan berupa dana yang dapat dipakai untuk membeli  alat-alat kesenian, seragam atau apapun yang berkaitan dengan hal tersebut. Sedangkan kesenian ini hanya sebagai media,”tandasnya.

Senada dengan Ulfa, Penjabat Bupati Purbalingga saat menyampaika sambutan yang diwakili Asisten Ekbang Kesra Susilo Utomo mengatakan, melalui kesenian tradisional, diharapkan dapat menjadi media atau alat pemersatu serta alat perdamaian. “Melalui kesenian tradisional  diharapkan sebagai media atau alat pemersatu, alat untuk perdamaian serta berfungsi preventif untuk mencegah terjadinya konflik sosial yang ada dimasyarakat . Selain itu, dengan kesenian tradisional juga sebagai upaya pemkab dalam melestarikan atau menguri-uri kesenian tradisional terutama kesenian karawitan yang peminatnya semakin berkurang  khususnya dari kalangan generasi muda,” tuturnya. (pn)

loading...
Click to comment
To Top