Inilah Beberapa Tragedi yang Terjadi di Puncak Musim Haji – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Inilah Beberapa Tragedi yang Terjadi di Puncak Musim Haji

FAJAR.CO.ID, Peristiwa memilukan kembali mewarnai puncak penyelenggaraan haji. Hingga pagi ini, dipastikan sudah 717 jemaah haji wafat akibat berdesak-desakan saat bergerak menuju tempat melempar jumroh, Kamis (24/9). Tiga diantaranya berasal dari Indonesia.

Namun, peristiwa yang menewaskan banyak jemaah haji saat bukan kali ini saja terjadi. Setidaknya ada beberapa peristiwa yang juga mengakibatkan jemaah haji tewas.

Apa saja itu? Berikut ini adalah sejumlah peristiwa-peristiwa terburuk dalam sejarah musim haji;

2006: Lebih dari 360 jemaah tewas ketika saling dorong untuk melempar jumroh. Dua di antaranya merupakan jemaah haji asal Indonesia.

Masih di tahun 2006, sehari sebelum rangkaian haji dimulai juga ada 73 orang tewas. Penyebabnya karena gedung pemondokan haji setinggi delapan lantai yang masih dalam tahap pembangunan runtuh.

2004: Desak-desakan jemaah haji di Mina menewaskan 244 orang. Peristiwa yang terjadi saat puncak pelaksanaan ibadah haji itu juga menyebabkan ratusan orang terluka.

2001: Lagi-lagi sebuah rombongan besar jemaah yang berdesak-desakan pada puncak haji di Mina menewaskan 35 orang.

[NEXT-FAJAR]

1998: Sekitar 180 orang jemaah meninggal ketika terjadi kepanikan akibat desak-desakan saat melintasi jembatan menuju lokasi melempar jumroh. Beberapa jemaah sampai terjatuh melewati dinding pembatas.

1997: Paling tidak 340 jemaah tewas akibat kebakaran tenda di Mina. Selain itu, api yang disertai angin kencang menyulitkan pemadaman sehingga 1500 orang mengalami luka-luka.

1994: Sekitar 270 jemaah haji juga meninggal saat ritual untuk lempar jumrah.

1990: Peristiwa ini manjadi catatan terkelam dalam sejarah haji. 1426 jemaah haji meninggal akibat desak-desakan di dalam terowongan Mina. (thegulf/ara/JPG/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top