Pembagian Daging Kurban Masjid Kauman Ricuh? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pembagian Daging Kurban Masjid Kauman Ricuh?

SEMARANG, RAJA – Pembagian sedekah daging kurban di Masjid Kauman berlangsung ricuh, Kamis (24/9). Sejumlah calon penerima daging kurban nekat menerobos barisan panitia yang tengah membagikan bungkusan daging di pintu masuk masjid tersebut.

Kericuhan bermula ketika beberapa calon penerima daging kurban mulai merangsek kedepan pintu Masjid Kauman. Warga yang telah berdesak-desakan mencoba memaksa masuk ke halaman masjid, sampai akhirnya tidak terbendung.

Muhaimin, Koordinator pembagi daging kurban di Masjid Kauman mengatakan, kegaduhan terjadi dikarenakan beberapa calon penerima tidak sabar mengantre di luar masjid. Ia pun mengakui bila hal itu dipicu waktu pembagian jatah daging kurban terlampau sore dibanding tahun sebelumnya. Waktu pembagian daging kurban dari semula pukul 14.00 WIB tadi siang, molor menjadi pukul 16.00 WIB. “Sebab, jumlah sapi yang kami potong tahun ini sangat banyak,” ujar Muhaimin.

Dengan jumlah sapi yang mencapai 17 ekor dan 47 ekor kambing, ia akhirnya menambah jumlah panitia menjadi 400 orang. “Biasanya tahun lalu hanya 12 ekor sapi. Tapi sekarang bertambah jadi 17 ekor,” jelas Muhaimin.

Kendati demikian, ia bersyukur kericuhan itu tak mengurangi semangat calon penerima daging lainnya untuk tetap mengantre. Hewan kurban sebanyak itu lantas disembelih oleh puluhan jagal, untuk kemudian dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang berhak seperti fakir miskin, para pemohon dari panti asuhan yatim piatu, panti jompo serta anak jalanan.

Muhaimin menambahkan, ada 8.000 bungkus daging kurban yang dibagikan sore tadi. Pembagiannya dengan mencelupkan jari calon penerima ke dalam tinta hitam yang telah disediakan oleh pengurus masjid. (jw)

loading...
Click to comment
To Top