Perusahaan Pembakar Hutan Dimodali Asing? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Perusahaan Pembakar Hutan Dimodali Asing?

JAKARTA – Perusahaan wajib mempersiapkan alat mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan ketika peristiwa terjadi.

“Termasuk juga kolam-kolam persiapan penyediaan air pemadamannya,” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Jumat (25/9).

Tak cuma itu, Haiti menambahkan, peralatan dan personel pemadam kebakaran juga harus dipersiapkan oleh perusahaan. Sebab, itu sudah menjadi kewajiban korporasi.

“Itu kewajiban daripada korporasi yang diberikan izin oleh pemerintah,” ia mengingatkan.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam pencegahan harus memberdayakan semua unsur, baik pemerintah derah, Tentara Nasional Indonesia termasuk Polri yang bisa melakukan patroli dan  memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Sehingga kalau menemukan titik api lebih awal, itu bisa lebih mudah dipadamkan daripada sudah meluas baru kita padamkan,” katanya.

Di sisi lain, penegakan hukum terhadap pembakar lahan baik itu yang diduga dilakukan korporasi maupun perorangan tetap berjalan. Haiti menegaskan, sudah ada 10 perusahaan yang dijadikan tersangka.

Namun, ia mengaku belum mengetahui apakah dari jumlah itu ada perusahaan yang dimodali asing. “Saya belum ke sana, tapi saya sudah perintahkan untuk di dalami,” tegasnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan, hingga saat ini Polri sudah menahan 68 tersangka dugaan pembakaran lahan dari 210 kasus yang ditangani.

“Jumlah tersangka (korporasi dan perorangan) 199,” tegasnya di Mabes Polri, Jumat (25/9).  Sampai saat ini, kata dia, tercatat 38,94 ribu hektar lahan yang terbakar.  (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top