Syarat Pemimpin Sudah Dipenuhi AIS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Syarat Pemimpin Sudah Dipenuhi AIS

FAJAR.CO.ID, BARRU — Tokoh masyarakat Barru Dr Abd Manang, SH, MH  memilih tak berdiam diri jelang Pilkada Barru 9 Desember 2015. Ia rela ikut turun tangan menyosialisasikan pasangan Andi Idris Syukur-Suardi Saleh (AIS).

Panggilan nurani, membuatnya “pasang badan” dibarisan pasangan nomor urut 3 tersebut. Ia merasa terdorong untuk ambil bagian mengkampanyekan AIS di saat kubu kandidat tertentu terjebak hanya pandai menebar fitnah untuk menjatuhkan Idris-Suardi.

Menurutnya, kebenaran mesti disuarakan, agar kemajuan yang sudah dirasakan masyarakat selama ini tidak berhenti. Pasalnya, banyak hal sudah berhasil dijalankan pemerintahan di bawah kepemimpinan Idris Syukur 2010-2015.

Bukti kongkrit sentuhan tangan Idris adalah APBD Barru 2015 yang kini sudah menembus angka Rp1 triliun. Padahal, di saat awal kepemimpinannya atau menerima tampuk kepemimpinan dari bupati sebelumnya, APBD Barru di bawah Rp500 juta. Itupun dinyatakan disclaimer, karena ada utang sekitar Rp45 miliar, ditambah pinjaman dari Bank Dunia yang angkanya mencapai miliaran.

Paling membanggakan, di tahun ketiga Idris menjalankan pemerintahan, pengelolaan keuangan dinyatakan sudah dinyatakan sehat. Itu terbukti, dari hasil penilaian dan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Barru untuk pertama kalinya mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Ini salah satu bukti kalau ada keseriusan pemerintahan di bawah kepemimpinan Idris. Bisa kita bayangkan dari disclaimer di awal pemerintahannya, dan dua tahun berturut-turut sudah mendapatkan WTP. Itu pencapaian yang tidak gampang, dan patut kita apresiasi itu,” tandas Abd Manang.

Selain transparansi pengelolaan keuangan, pembangunan yang tetap berpihak ke rakyat juga sudah dibuktikan Idris. Seperti memberikan izin pembangunan pabrik semen yang mengikutkan syarat wajib dipenuhi, yakni tenaga kerjanya harus minimal 80% warga Barru.

Bukan hanya itu, keberpihakan ke pedagang menengah ke bawah tak perlu dipertanyakan. Di saat daerah lain leluasa memberikan izin pengusaha luar Sulsel mendirikan modern market, Idris justru tak terpengaruh dengan iming-imingan fee yang melimpah hanya untuk menandatangani izin.

Idris di mata Abd Manang sangat memahami keberpihakan itu. Sebab bila modern market menjamur, maka yang paling terkena imbasnya adalah pedagang dan pengusaha lokal. Sebab, mereka tentu semakin sulit bersaing, sehingga ujung-ujungnya bisa gulung tikar.

“Lihat kondisi jalanan kita. Lihat perhatiannya ke masyarakat. Beliau benar-benar mengayomi kita. Makanya saya tergerak ikut menyosialisasikannya, agar Barru ini tidak jatuh ke tangan yang tidak tepat,” tegas Manang yang di beberapa kesempatan ikut memberikan testimoninya di kampanye dialogis AIS.

Di samping itu, ia menyebut jika syarat pemimpin sudah dipenuhi Idris. Selain pengalamannya dan ahli pemerintahan, suami Andi Citta Mariogi tersebut juga bisa mengendalikan kesabaran dan ucapannya. Itu tercermin dari sikap yang ditunjukkan selama ini. “Syarat-syarat menjadi pemimpin, saya kira sudah dipenuhi oleh AIS. Hubungannya dengan legislatif bagus, komunikasinya dengan rakyat berjalan baik, dan tak kalah penting selalu dekat dengan pemuka agama dan masyarakat,” kuncinya. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top