225 Jemaah Indonesia Hilang Usai Tragedi Mina – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

225 Jemaah Indonesia Hilang Usai Tragedi Mina

FAJAR.CO.ID, MINA — Jemaah haji Indonesia yang menjadi korban tragedi Mina bisa jadi bertambah. Sebab, sehari setelah terjadinya musibah, masih banyak jemaah Indonesia yang keberadaannya belum diketahui.

Sebanyak 225 jemaah dinyatakan hilang. Angka itu tidak termasuk tiga jemaah yang meninggal dan enam lainnya yang terluka dan sudah ditemukan di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi. Salah satunya, Elly Salim, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) asal Sulbar.

Saat ini, petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Mekah masih menelusuri jemaah yang hilang tersebut. Mereka dinyatakan hilang karena hingga kemarin petang, Jumat 25 September belum kembali ke maktab di Mina.

Kepala Daker Mekah Arsyad Hidayat menyatakan, pihaknya membentuk tim khusus untuk mencari data korban hilang dan memastikan keadaan mereka. ”Kami akan menelusuri dan menginventarisasi lagi semua rumah sakit, klinik, serta pemulasaraan jenazah di Muaisim,’’ katanya di Mekah, kemarin.

Berdasar data, seluruh korban tragedi Mina tinggal di kawasan Mina Jadid (perluasan Mina) yang berjarak 7 kilometer dari Jamarat. Termasuk jemaah yang hilang.

Berdasar data PPIH, ada 14 jemaah dari kloter 14 embarkasi Batam (BTM) yang hilang. Di kloter tersebut, ada jemaah korban Mina yang meninggal yang bernama Syaisiyah Syahril Abdul Gafar. Seluruh jemaah tinggal di maktab 1. (jpnn/ars-rif)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 26 September 2015

Click to comment
To Top