Busel dapat Suntikan Dana Rp 200 Miliar dari Investor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Busel dapat Suntikan Dana Rp 200 Miliar dari Investor

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pejabat Bupati Buton Selatan (Busel) La Ode Mustari bertekad untuk membangun Kabupaten Busel untuk lebih baik. Tekad Mustari itu tidak hanya mengandalkan dana hibah pemekaran dari daerah induk maupun ABPD Busel yang menurutnya hanya cukup untuk membayar gaji pegawai.

Untuk itu, Mustari berinisiatif untuk mencari anggaran diluar dari APBD untuk memenuhi kebutuhan daerah. Baik dari pemerintah pusat melalui program-program yang berkaitan dengan daerah, maupun dari para investor yang berniat untuk melakukan investasi di Busel.

Salah satunya terkait dengan rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga arus yang lokasinya di Kecamatan Siompu. Pembangkit listrik ini direncanakan akan dibangun secara bertahap dengan kapasitas 40 Mega Watt (MW) yang menelan biaya Rp 200 miliar. Dengan tahap pertama menelan biaya Rp 50 miliar dengan kapasitas 10 MW.

Jika pembangunannya berjalan lancer, pembangkit listrik ini akan memenuhi kebutuhan listrik bukan hanya di Busel, tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan di Buton, Buton Tengah (Buteng), Kota Baubau hingga kabupaten Muna.

“Kalau saya ke Jakarta dan bertemu dengan para investor, saya selalu menceritakan dengan keadaan di Busel seperti apa serta apa yang dibutuhkan untuk pembangunan Busel. Bagai gayung bersambut, para investor ini bersedia untuk membantu pembangunan di Busel,” jelas Mustari kepada awak Media Fajar Online di Jakarta beberapa waktu lalu.

Jika tidak ada aral melintang, rencana peresmian peletakkan batu pertama proyek pembangkit listrik tenaga arus ini akan dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada Oktober mendatang.

“Kalau sudah diresmikan, kami targetkan, tahap pertama pembangunannya akan selesai dalam waktu 6 bulan dan sudah langsung bisa dinikmati oleh masyarakat Busel,” tandasnya. (hrm)

Click to comment
To Top