Harga Lada Putih Tembus Rp180 Ribu Perkilo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Harga Lada Putih Tembus Rp180 Ribu Perkilo

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA –– Harga lada putih di tingkat pengepul di Kabupaten Bulukumba mencapai Rp180 ribu perkilogram. Kenaikan harga rata-rata Rp 10.000 hingga Rp 40.000 perkilogramnya.

Pedagang asal Bulukumpa, Hj. Nurwahida mengungkapkan bahwa kenaikan harga akibat pasokan lada dari petani berkurang.

“Permintaan lada meningkat sementara pasokan dari petani berkurang, itu yang menjadi salah satu penyebab harga lada naik,” jelasnya, Sabtu 26 September.

Harga lada putih sebelumnya Rp170.000 perkilogramnya naik menjadi Rp180.000, sedangkan lada hitam yang dijual Rp 80.000 naik menjadi Rp 120.000.

Hj. Nurwahida juga menambahkan bahwa kurangnya pasokan lada dari petani disebabkan karena banyaknya petani lebih memilih mengembangkan industri komoditi lain.

“Kurang juga stok karena sekarang itu petani lebih banyak memilih mengembangkan komoditi lain seperti kakao, cengkih dan pala,” tambahnya.

Selain itu kebanyakan petani memilih menampung lada karena ia masih mengandalkan kakao untuk kebutuhan sehari-harinya.

“Kakao itu tidak bisa ditampung, sedangkan lada bisa nah inikan panen lada bersamaan dengan panen kakao disebagian wilayah Bulukumba jadi kalau untuk petani Bulukumba biasanya lebih memilih menampung lada dibanding kakao untuk biaya sehari-harinya,” tambahnya. (taq)

To Top