Pertamina Keluarkan Mekanisme Baru Pengadaan Barang dan Jasa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Pertamina Keluarkan Mekanisme Baru Pengadaan Barang dan Jasa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Pertamina terus mengencangkan ikat pinggang untuk menghadapi nilai tukar rupiah yang semakin merosot serta harga minyak dunia yang masih rendah. Terlebih, transaksi Pertamina banyak yang menggunakan dolar AS.

Selain menjalankan lima strategi, salah satu upaya yang paling getol dilakukan korporasi adalah sentralisasi pengadaan barang dan jasa.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan, bila dulu unit usaha Pertamina melakukan pengadaan barang dan jasa secara mandiri, sekarang semuanya harus melalui Pertamina pusat.

Sebab, kata Wianda pengadaan barang dan jasa kerap tidak efektif. Dimana ada lebih dari satu anak usaha yang melakukan pengadaan barang yang sejenis. Padahal, bisa dilakukan penghematan.

“Dari situ bisa dilakukan penghematan, dari sana penghematannya bisa sekitar USD90 juta,” ujar Wianda di kantornya, Jakarta, Jumat (25/9).

Selain itu, Pertamina juga melakukan penghematan pengadaan crude dan produk. Dimana, Pertamina selalu mencari harga minyak mentah yang kompetitif. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top