Pilkada 2015, Suara Golput Rawan Dimainkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pilkada 2015, Suara Golput Rawan Dimainkan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Banyak peluang untuk dilakukan memanipulasi suara di pilkada, celah memainkan suara-suara salah satunya adalah memanfaatkan pemilih yang memilih untuk tidak menggunakan hak suaranya pada perhelatan demokrasi lima tahunan yang berlangsung di sebelas Kabupaten yang berpilkada di Sulsel.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pengamat Politik, Nurmal Idrus. Menurutnya dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, dalam setiap peneyelenggaran pilkada, pileg atau pemilu ada-ada saja wajib pilih yang tidak menggunakan suaranya, padahal suara-suara golput kata mantan Ketua KPU Makassar itu juga berpeluang untuk dimainkan.

” Kemungkinan dimainkannya tentu ada. Meski golput tidak terlalu berpengaruh pada keterpilihan seseorang.”kata Nurmal, Sabtu 26 September. Menurutnya, yang lebih mengkhatirkan adalah semakin banyak golput tentu kualitas demokrasi di sebuah wilayah semakin rendah. ” Sebab ini berkaitan denga tingkat kepercayaan publik terhadap pemimpinnya,”ungkapnya.

Golput kata dia seberapapun besanya tidak terlalu membawa pengaruh pada keterpilihan landidat, seberapapun besar jumlah golput dalam pilkada. Golput kata dia menggambaran bahwa kandidat yang disodorkan kepada publi begitu lemah secara kepemimpinan.

Olehnya itu seluruh struktur dalam pilkada harus mendukung terselengarnya pilkada jujur, trasparan dan damai. Dimana semua peragkat di TPS harus berjalan dan saling mendukung, mulai dari petugas KPPS, panwas, saksi calon yang musti bekerjasama.

Cara-cara memainkan suara-suara golput di pilkada bisa terjadi bila diantara penyelenggara, pengawas dan juga peserta pilkada tidak menanmkan kejujuran. Sehingga untuk memaikannya bisa terjadi. Pengawas dan penyelenggara begitu juga dengan RT/RW bisa tidak netral dipilkada, mereka saling bekerjasama dengan pasangan tertentu.

Ambil contoh, jumlah pemilih sebanyak 1000 orang, penyelenggara memperkirakan masyarakat yang menggunakan hak pilihnya hanya 700 orang, 300 suara inilah yang memungkinkan dimainkan. (taq)

loading...
Click to comment
To Top