Wah, Monyet Selfie itu Ternyata di Sulawesi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Wah, Monyet Selfie itu Ternyata di Sulawesi

FAJAR.CO.ID, SAN FRANCISCO – Monyet yang merekam gambar selfienya dengan kamera yang dipasang fotografer Inggris, David J Slater ternyata tinggal di hutan Indonesia. Foto monyet bernama Naruto yang punya senyuman khas itu kini jadi heboh dan buah bibir.

Soalnya, aktivis dari kelompok hak asasi hewan melayangkan gugatan kepada sebuah mahkamah di San Fransisco, Amerika Serikat, guna memungkinkan seekor monyet asal Sulawesi itu diberikan hak milik gambar selfie yang diabadikannya sendiri.

Kelompok yang bernama PETA (People for the Ethical Treatment of Animals) atau Layanan Beretika untuk Hewan tersebut memohon supaya monyet itu diberikan hak terhadap gambar selfie yang diabadikannya di Indonesia pada 2011.

PETA juga meminta izin untuk seorang pengacara mengelola uang yang dihasilkan gambar selfie tersebut. Kelompok itu berharap uang yang dihasilkan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebaikan monyet jantan berusia enam tahun itu.

“Jika PETA Amerika Serikat menang dalam gugatan ini, ini akan jadi yang pertama kali bukan manusia, tetapi hewan yang dinyatakan sebagai pemilik dalam kepemilikan properti (harta),” kata Direktur Peta, Mimi Bekhechi seperti dikutip laman PETA.

Inilah hasil selfie Naruto dengan senyumannya ketika Slater merekamkan selfie di hutan Sulawesi pada 2011. Foto: Int

Namun, Slater menganggap upaya PETA terkait hal itu melanggar integritas seni.

Slater mengaku menghabiskan waktu bersama monyet itu sehingga hewan itu tenang dengan kehadirannya, sebelum meletakkan kamera dan kaki tiga dengan kabel saklar. Lebih lanjut Slater menambahkan tindakan yang dilakukan sebelum dan setelah mendapatkan gambar itu cukup untuk mendapatkan hak sebagai pemilik gambar itu.

“Saya sedang baring pada masa itu dengan dua makaka di belakang dan saya sedang merawat beberapa lebam akibat dipukuli monyet jantan yang menganggap saya saingan mereka untuk menarik perhatian monyet betina.

“Jadi tolong jangan beritahu saya yang gambar ini bukan hak saya,” katanya. (ray/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top