Festival Salo Karajae Diramaikan Beragam Lomba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Festival Salo Karajae Diramaikan Beragam Lomba

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Festival Salo Karajae keenam ini dipastikan berlangsung meriah. Sejumlah kegiatan lomba jadi bagian dari agenda festival. Lomba tersebut di antaranya, lomba perahu Lepa-Lepa (perahu tradisional) dengan peserta umum se-Sulsel. Lomba ini merupakan ikon kegiatan Festival Salo Karajae setiap tahun, sebagai bentuk pelestarian budaya masyarakat pesisir di Sulsel. Tercatat, kegiatan ini yang paling banyak menarik perhatian pengunjung.

Kegiatan lainnya adalah lomba tarik tambang perahu dengan peserta se-Sulawesi Selatan. Lomba tersebut merupakan adu strategi sekaligus adu kekuatan dari tim-tim yang mengikuti lomba, juga menjadi ikon Festival Salo Karajae. Acara ini, dua tim akan saling tarik dengan menggunakan tali besar. Sekilas akan tampak seperti lomba tarik tambang, namun perbedaannya, dilakukan di atas perahu.

Ada pula lomba menyanyi lagu daerah dengan peserta se-Sulsel, yaitru menyajikan beberapa peserta/penyanyi terbaik dari beberapa kabupaten/ kota di Sulawesi Selatan dengan lagu yang akan dibawakan adalah lagu daerah Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar, serta lagu daerah lain yang menjadi pilihan sesuai ketetapan tim juri. Kegiatan ini diadakan mulai siang hingga malam hari.

Lomba tari kreasi daerah turut ambil bagian. Kegiatan itu merupakan ajang pertujukan seni, berupa olah gerak tarian tradisi yang berbalut kreasi. Sanggar seni menjadi peserta lomba ini. Lomba juga mulai siang hingga malam hari.

Lomba fotografi “On The Spot” dengan peserta umum juga menjadi lomba yang menarik. Lomba seni fotografi ini, dimana peserta yang berhak mengikuti kegiatan ini adalah peserta yang datang langsung ke lokasi dan mendaftar ke panitia pelaksana, karena obyek obyek foto lomba dilakukan pada lokasi acara.

Kegiatan lainnya adalah, memancing ikan, karnaval budaya se Kota Parepare, tari ganrang bulo dan cooking batle antar pimpinan lembaga. Hadian dari kegiatan ini bernilai jutaan rupiah. (iad)

loading...
Click to comment
To Top