IPW Nilai Pemerintah Belum Serius Padamkan Api – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

IPW Nilai Pemerintah Belum Serius Padamkan Api

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, Pemerintah belum bersikap serius dalam mengatasi kasus asap dan kebakaran lahan.

“Jika cara-cara seperti ini yang dikedepankan Pemerintah tentunya akan sulit mengatasi kasus kebakaran lahan secara tuntas,” sebur Neta dalam keterangan persnya sesaat lalu, Minggu (27/9).

Neta mengungkapkan, dalam mengatasi kasus kebakaran lahaan, sejumlah Pemerintah Daerah justru lebih mengandalkan para pemilik perkebunan untuk mengatasinya. Lewat surat kepada para pemilik perkebunan, bupati menginstruksikan agar para pemilik perkebunan memperkuat kesiapan sarana prasarana dan petugas pemadaman kebakaran, seperti struktur organisasi pengendalian kebakaran, mesin pompa air, selang air, menara air, mobil tanki air, personil jaga api dan disertai ancaman pencabutan izin jika berbagai fasilitas itu tidak dipenuhi.

“Padahal, mengatasi kebakaran adalah tugas Pemerintah, adapun masyarakat hanya bersifat membantu,” unjar Neta.

Dengan demikian, sambung dia, Pemerintah dan perangkatnya harus menyiapkan alat pemadam kebakaran secara maksimal. Sehingga di kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan, seperti di Sumatera dan Kalimantan, Pemerintah harus menyiapkan alat pemadam kebakaran mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga provinsi.

“Pemerintahlah yang menjadi ujung tombaknya yang dibantu para relawan dan masyarakat,” demikian Neta.(rus/rmol)

To Top