SBY: Arab Saudi Harus Lakukan Perubahan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

SBY: Arab Saudi Harus Lakukan Perubahan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan rasa simpati dan duka cita atas meninggalnya ratusan jamaah haji dalam insiden yang terjadi di Mina, Kamis (24/9).

“Semoga para syuhada hidup tenang di sisi Allah Swt,” kata SBY dalam akun twitter @SBYudhoyono, Minggu (27/9).

SBY mengatakan pemerintah Arab Saudi telah membangun banyak infrastruktur dan fasilitas untuk meningkatkan pengamanan dan pelayanan jamaah haji. Namun, musibah di Mina tahun ini menunjukkan upaya itu belum cukup.

Menurut SBY, Pemerintah Arab Saudi harus melakukan koreksi dan perbaikan besar. Disamping infrastruktur dan fasilitas, diperlukan sistem dan manajemen yang kredibel serta pengaturan, pengawasan dan kepemimpinan yang efektif.

“Kita dukung investigasi untuk berikan sanksi bagi yang lalai dan upaya perbaikan yang mendasar. Kedepan, umat ingin lakukan ibadah haji dengan aman,” kata SBY lagi dalam ciutannya.

SBY mengingatkan jamaah Indonesia yang melaksanakan haji adalah yang terbesar dari negara-negara lainnya. Untuk itu, patut bagi jamaah haji dari Indonesia untuk mendapatkan jaminan keselamatan.[dem]

loading...
Click to comment
To Top