Desember, 3 Jembatan Selesai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Desember, 3 Jembatan Selesai

PURBALINGGA, RAJA – Pembangunan tiga jembatan  di Kabupaten Purbalingga ditargetkan selesai pembangunannya awal Desember mendatang. Ketiga jembatan tersebut adalah jembatan Gatot Subroto Desa Karangtengah Kecamatan Kertanegara, Jembatan Bantarbarang-Sumingkir dan Jembatan Sungai Gintung di Dukuh Limus Desa Karangbawang keduanya di wilayah Kecamatan Rembang.

“Ketiga jembatan tersebut yang ditarget selesai pengerjaannya awal Desember mendatang,” terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto, kemarin.

Menururt Sigit, saat ini progress pembangunan tiga jembatan pendekat antar wilayah pengerjaanya sudah hampir mencapai 100 persen. “Untuk Jembatan Sungai Gintung Dukuh Limus, prosentasi fisiknya sudah 60 persen dengan target penyelesainya sampai dengan awal Desember serta pembangunan dimulai awal bulan Mei 2015. Selanjutnya Jembatan Gatot Subroto prosentase fisiknya 75 persen target penyelesainya sampai akhir Oktober 2015 dengan pembangunan awal pada April 2015. Dan Jembatan Bantarbarang-Sumingkir prosentasenya 75 persen ditarget selesai pembangunannya awal Desember 2015 serta pembangunannya dimulai awal Mei 2015,” jelasnya.

Sigit menambahkan, ketiga jembatan tersebut dananya bersumber dari bantuan provinsi dan APBD kabupaten. “Jembatan yang dibiayai dari anggaran bantua provinsi adalah Jembatan penghubung Desa Bantarbarang-Sumingkir Kecamatan Rembang dan Jembatan Sungai Gintung Dusun Limus Desa KarangBawang Kecamatan Rembang ke Dusun Cangklok Desa Klapa Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara, keduanya menggantikan jembatan gantung yang  selama ini menjadi akses untuk aktifitas ekonomi. Sedangkan jembatan yang dibiayai dari APBD kabupaten yaitu Jembatan Gatot Subroto Desa Karangtengah Kecamatan Kertanegara merupakan jalur penghubung antar kecamatan, untuk menggantikan jembatan lama disisi uatara  yang relatif sempit,” tuturnya.

Sigit menandaskan, untuk konstruksi Jembatan Gatot Subroto dengan total anggaran Rp12.460.722.000 menggunakan abutmen dua buah, pilar serta girder 15 buah dengan bentang setiap bentangnya lima buah masing-masing bentang 28,60 meter dan menggunakan lantai beton bertulang. “Untuk Jembatan Bantarbarang-Sumingkir dengan total anggaran Rp11.523.679.000 konstruksinya menggunakan abutment dan pilar (beton bertulang) serta gelagar baja dengan bentang jembatan 16 meter. Sedangkan Jembatan Sungai Gintung dengan total anggaran Rp4.200.000.000 dengan menggunakan konstruksi pondasi bore pile, abutment dua buah serta pilar dua buah dengan girder IWF (tiga bentang) dengan masing-masing bentang 14, 28 meter, 14,76 meter dan 14, 28 meter,” pungkasnya. (pn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top