HEBAT! Meski Tidak Memiliki Kedua Kaki, Gadis Ini Jadi Pemenang Lomba Renang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

HEBAT! Meski Tidak Memiliki Kedua Kaki, Gadis Ini Jadi Pemenang Lomba Renang

FAJAR.CO.ID, CINA – Walau memiliki keterbatasan fisik, Qian Hongyan, gadis asal Cina ini, bisa berhasil memenangkan lomba renang dan beberapa kali memperoleh sejumlah medali emas dalam satu tahun belakangan.

Karena meraih juara dengan kondisi fisik yang cacat, gadis tersebut pernah dinobatkan sebagai ikon disability. Kisahnya juga telah mengispirasi ribuan orang cacat, khususnya di Cina.

Qian, gadis mungil tersebut kehilangan kakinya pada tahun 2000 silam, ketika ia mengalami sebuah kecelekaan maut. Kedua kakinya kemudian diamputasi.  Dengan tanpa pendidikan untuk masa depan, Qian kemudian mulai belajar renang. Hingga berhasil keluar sebagai juara.

Pada tahun 2009 ia menjadi pemenang dalam Chinese National Paralympics Swimming Competition. Sementara September kemarin, ia  memperoleh medali emas dalam 100 meter renang gayabreaststroke di provinsi Yunnan.

Sebagaimana dilansir dailymail.co.ukgadis belia tersebut akhirnya dipasangkan kaki baru setelah mendapat bantuan donasi. Sebelumnya Qian hanya bisa berjalan dengan menggunakan bola basket yang dirangcang kakeknya. Bola basket tersebut membantunya beristirahat jika capek berjalan. (imn)

loading...
Click to comment
To Top