Ini yang Dikagumi Mahathir Mohamad Terhadap Sosok Soekarno – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Ini yang Dikagumi Mahathir Mohamad Terhadap Sosok Soekarno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menerima anugerah The Star of Soekarno dari Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS). Diserahkan langsung oleh pendiri yayasan yang juga puteri kedua Proklamator Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri.

Dalam kesempatan itu, Mahathir menyampaikan kekagumannya pada sosok Soekarno. Meski belum pernah bertemu langsung, dia banyak mendengar kisah kehebatan Bapak Bangsa Indonesia itu dari pemberitaan dan bahkan dunia.

“Saya mendengar gimana perjuangan Soekarno menyatukan 17 ribu pulau yang menyebar, ribuan suku dan bahasa menjadi satu. Di situ saya kagum atas perjuangan Soekarno. Itu kehebatan yang luar biasa. Indonesia yang besar saat ini tak lepas dari jasa seorang Soekarno dan juga Mohammad Hatta,” jelasnya usai menerima anugerah di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu malam (27/9).

Warisan Soekarno untuk dunia juga terlihat dengan Gerakan Non Blok yang membuat banyak negara membuka mata soal kemerdekaan dan ketidakberpihakan pada blok kapitalis maupun sosialis komunis.

Mahathir pun mengaku sangat bangga mendapat anugerah The Star of Soekarno dan menghadiri perhelatannya secara langsung.

“Saya sangat bangga terhadap penghargaan yang saya terima dari Yayasan Bung Karno, karena saya sangat mengagumi sosok hebat Soekarno. Saya pemuja perjuangannya dan banyak terinspirasi oleh perjuangan orang hebat itu,” tegas Mahatir. (wah/jpnn)

Click to comment
To Top