Kasintuwu-Pongkeru Rawan Bencana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kasintuwu-Pongkeru Rawan Bencana

FAJAR.CO.ID, MALILI – Kewaspadaan terhadap resiko bencana di Kabupaten Luwu Timur terus ditumbuhkan dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek. Hal itu dibuktikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur dengan menggelar lokakarya desa tangguh bencana (Destana), Senin 28 Sembilan.

Kegiatan lokakarya yang dberlangsung di aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur tersebut dimaksudkan mendorong masyarakat lebih tangguh dalam menghadapi bencana. Kegiatan tersebut juga untuk melatih masyarakat dapat lebih terarah, terpadu dan terkoordinasi dalam situasi terjadi bencana.

Sejumlah elemen dari pemerintah dan masyarakat yang dinilai memiliki peran strategis dalam penanggulangan bencana seperti BPBD Sulawesi Selatan dan BPBD Kabupaten Luwu Timur, pemerintah dan fasilitator desa, LSM serta dunia usaha dilibatkan dalam lokakarya tersebut untuk membangun sinergitas dan kewaspadaan bersama semua elemen.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kabupaten Luwu Timur, ada dua desa yang dinilai memiliki kerawanan bencana yang cukup besar masing-masing Desa Pongkeru, Kecamatan Malili yang setiap tahun menjadi langganan banjir dan Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana yang berada di daerah rawan longsor menjadi desa yang difokuskan pengembangan program desa tangguh bencana. Diwakili masing-masing fasilitator desa, kedua desa tersebut juga menandatangani kesepakatan bersama yang disaksikan Asisten Pemerintahan H Syahidin Halun, Drs Syahrir MM, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPDB Sulsel dan Kepala BPBD uwu Timur Drs. Safe’i Basir. (shd)

loading...
Click to comment
To Top