KPK Akui Ada Keterkaitan Sekjen NasDem dengan Kasus Suap Hakim – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

KPK Akui Ada Keterkaitan Sekjen NasDem dengan Kasus Suap Hakim

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan ada indikasi keterkaitan Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella dengan kasus suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. Namun para pimpinan komisi antirasuah masih menutup rapat apa kaitan tersebut.

Wakil Ketua Zulkarnain mengungkapkan, penyidik menduga Rio memiliki informasi terkait pemberian suap hakim PTUN Medan. Karena itu, kata Zulkarnain, pekan lalu penyidik memanggilnya untuk diperiksa.

”Ditanyai apa yang ia ketahui terkait rangkaian peristiwa yang berhubungan dengan suap terhadap PTUN Medan,” terang Zulkarnain saat dihubungi, Senin (28/9).

Namun Zulkarnain enggan mengungkap secara detil apa saja pertanyaan penyidik kepada orang nomor dua di DPP NasDem itu. Pria yang akrab disapa Zul ini berkilah bahwa materi penyidikan tidak boleh diungkap.

Zul pun mengungkapkan bahwa sampai sekarang penyidik masih terus menggali keterlibatan pihak-pihak lain dalam kasus suap hakim PTUN Medan. Namun, kata dia, semua itu tetap dilakukan dengan prinsip kehati-hatian dan berdasarkan alat bukti yang ada.

“Kan ini melibatkan pejabat pemerintahan. Jadi akan dilihat siapa saja yang melakukan pelanggaran pidana, siapa yang hanya melakukan pelanggaran administratif,” ungkapnya.

Terpisah, Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP juga bungkam saat ditanya tentang materi pemeriksaan terhadap Rio. Dia hanya mengungkapkan bahwa Rio diperiksa bukan sebagai Sekjen Partai NasDem. “Dia (Capella) diperiksa sebagai saksi sebagai dirinya sendiri. Bukan dari partai,” tegas Johan.

[NEXT-FAJAR]

Untuk diketahui, Rio Capella diperiksa KPK pada hari Rabu (23/9) pekan lalu. Usai menjalani pemeriksaan, anggota Komisi III itu tidak memberikan keterangan sepatahpun kepada awak media. Di langsung buru-buru masuk mobil meninggalkan gedung KPK.

Dugaan sementara, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menggali soal pertemuan antara Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dengan sejumlah petinggi NasDem sebelum adanya gugatan ke PTUN Medan. Rio hadir dalam pertemuan tersebut bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Mahkamah Partai Otto Cornelis Kaligis.

Diberitakan sebelumnya bahwa Partai NasDem menegaskan tidak akan membela siapapun kader yang tersangkut masalah hukum. Hal ini berlaku juga untuk Sekjen Patrice Rio Capella yang beberapa waktu lalu diperiksa KPK sebagai saksi untuk kasus hakim PTUN Medan.

“Partai NasDem konsisten mengambil sikap tegas tanpa pandang bulu kepada siapapun kadernya yang terlibat kasus hukum,” kata anggota Majelis Tinggi Partai NasDem, Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulis resmi, Jumat (25/9).(dil/jpnn)

To Top