Produksi Beras Bulukumba Aman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Produksi Beras Bulukumba Aman

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Kekeringan yang melanda dalam enam bulan terakhir di Kabupaten Bulukumba diyakini tak akan berpengaruh pada produksi beras. Kepala Dinas Pertanian Bulukumba, Muh Harun optimistis produksi beras masih surplus lebih dari 50 persen tahun ini. “Produktivitas pangan kita, terutama padi masih cukup tinggi. Kita dalam setahun ini masih bisa memanen sekitar 250 ribu ton,” ujar Harun di ruang kerjanya, Senin 28 September.

Dari data yang dihimpun diketahui luas pertanaman padi di Bulukumba ditargetkan seluas 45.071 Ha dengan target produksi 298.787 ton dan produktivitas 66,29 kuintal/Ha yang ditanam pada dua musim tanam masing-masing April – September 2015 dan Oktober-Maret 2016.

Jika dilihat dari total konsumsi beras per tahun, kata Harun, produksi beras selama kurun waktu dua musim panen itu saja sudah lebih dari cukup. Total konsumsi beras terhitung 90 ribu ton setahun dengan jumlah penduduk sekitar 400 ribu jiwa. “Jadi meski dilanda kekeringan, cadangan pangan kita aman, karena tertolong tingginya produktifitas pertanian tanaman pangan kita, Kemudian jika dihitung jumlah penduduk yang ada sekitar 400 ribu jiwa, artinya dalam setahun kita hanya mengonsumsi beras sebanyak 90 ribu ton. Berarti kita masih surplus 160 ribu ton beras yang aman,” ungkapnya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top