KPK Diminta Segera Periksa Surya Paloh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

KPK Diminta Segera Periksa Surya Paloh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus memanggil dan memeriksa Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh dan Sekjennya, Patrice Rio Capella. Pemanggilan keduanya penting dilakukan untuk mencari tahu sejauh mana peran mereka dalam perkara suap hakim PTUN Medan. Terlebih nama keduanya disebutkan dalam BAP salah seorang tersangka, M Yagari Bhastara alias Gerry.

“Tentu harus didalami perannya dan tujuannya. Apa yang dibawa-bawa OCK dalam sidang itu fakta hukum, yang telah disumpah,” ujar Direktur Eksekutif Energi Watch Indonesia, Ferdinand Hutahean, ketika dikontak, Selasa (29/9).

“Artinya pernyataan tersebut mempunyai nilai dan menjadi alat bukti persidangan,” sambung dia.

Menurutnya, KPK tidak boleh tebang pilih dalam menangani sebuah perkara. Termasuk, memeriksa siapa saja yang terungkap dalam persidangan.

“Ini fakta hukum, KPK harus memeriksa semua. Bila menghalang-halangi penyelidikan ya SP layak dipidanakan, lampirkan ke Bareskrim sesuai KHUP,” tandasnya.

KPK secara mengejutkan memang telah memeriksa Patrice pada Rabu (23/9) lalu. Dia diminta kesaksiannya untuk tersangka Gatot dan Evy, sehubungan dengan kasus suap hakim dan panitera PTUN Medan. Adapun dugaan keterlibatan Patrice berawal dari pengakuan Gatot mengenai pertemuan di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem. Pertemuan itu digelar sebelum kasus suap PTUN ini terungkap, bahkan ketika OC Kaligis masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Partai Nasdem.

Sementara Surya Paloh dalam kasus tersebut terungkap di persidangan OC Kaligis. Dalam sidang, jaksa dari KPK menghadirkan saksi yakni pengacara dari kantor OC Kaligis and Associates, M Yagari Bhastara atau Gary. Gery mengaku pernah mendengar cerita dari istri Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti soal Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Mencuatnya curhatan Evy ke Gary, berawal dari tudingan OC Kaligis. OC Kaligis menuding Gary telah membeberkan persoalan Partai Nasdem. “Rahasia mesti kau simpan, mengapa di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kau bilang mengenai partai, apa hubungannya? Kau bicara mengenai SP (Surya Paloh) yang berpendapat nggak pernah tahu kau bicara mengenai apa itu? Kau nggak sadar kalau kau ngomong Surya Paloh?” kata OC Kaligis ke Gary.

Gary pun menjelaskan, bahwa bukan dia yang lebih dulu mengatakan nama Surya Paloh. Dia mengaku hanya mendengarkan apa yang dikatakan Evy. “Itu kan komunikasinya bu Evy,” ujar Gary

Gary pun tak mau dihakimi. Dia malah menantang OC Kaligis untuk mengkonfirmasi ke penyidik KPK, mengapa Surya Paloh bisa tercatat dalam BAP miliknya. “Nggak pernah saya bilang begitu, tanya tim penyidik. Itu sadapan bu Evy ke saya, kalau bu Evy cerita . Jadi gini bu Evy cerita. Ada sadapannya Prof (OC Kaligis),” jelasnya.(sam)

loading...
Click to comment
To Top