Adib, Anak Keluarga Kurang Mampu Penderita Thalasemia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Adib, Anak Keluarga Kurang Mampu Penderita Thalasemia

MAGELANG – Adib Ahmad Hidayat (10), seorang anak dari keluarga kurang mampu warga Dusun Jati, Desa Kalinegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang adalah anak yang rajin dan periang serta bisa dibilang pandai dalam belajar. Bahkan dia tak merasa malu saat membantu menjual gorengan demi meringankan beban orang tuanya. Namun siapa sangka anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar tersebut sebenarnya menderita penyakit thalasemia.

Menurut orang tua Adib, Iksan (48), yang hanya bekerja sebagai buruh bangunan itu, anaknya menderita penyakit kelainan darah sejak usia tujuh tahun. Dia sering tidak masuk sekolah di MI Tuh Fatul Mubtadiin Kalinegoro, namun ia tetap bersemangat untuk bersekolah setinggi-tingginya. “Saya ingin jadi orang yang sukses, agar bisa membahagiakan orang tua,” kata Abid saat ditemui di RSUD Tidar, Kota Magelang, Selasa (29/9).
Sementara sang ibu Adib, Maesaroh, yang berjualan gorengan mengatakan, meski anaknya sakit namun dia tidak pernah minder dan sedih. Ia tetap bermain dan belajar dengan teman-teman sebayanya. “Hanya saat kambuh saja, dia harus beristirahat di rumah. Tetapi saat sehat, ia bermain dan belajar biasa dengan anak-anak lainnya,” tuturnya.
Maesaroh menambahkan, anaknya sering membawa gorengannya untuk dijual atau dititipkan ke warung dekat sekolahnya. “Ia tidak malu, meski harus membawa keripik ketela atau gorengan saya ke sekolah. Mesti tidak seberapa, namun hasilnya lumayan untuk tambah-tambah biaya pengobatannya dan membeli peralatan sekolahnya,” tambahnya.
“Kami berharap ada mukjizat dari Allah dan bantuan dari orang-orang yang rela membantu demi kesembuhan anak saya,“ harap Maesaroh, sambil menitikan air mata.
Diketahui thalasemia adalah sejenis penyakit keturunan kelainan darah yang ditandai sel darah merah mudah rusak, yaitu 3 sampai 4 kali lebih cepat dibanding dengan sel darah normal. Oleh karenanya umurnya lebih pendek dari pada sel darah normal. Jika sel darah normal umurnya bisa sampai 120 hari, maka sel darah merah penderita thalassemia hanya mampu bertahan 23 hari. (zis)

loading...
Click to comment
To Top